Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

712 - Pengembangan seni tari Jawa Barat


Nama Inisiator

Herlia Tisana, S.Sn

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

Pengalaman berkarya dari tahun 1997 sampai sekarang 2018 yaitu 21 tahun

Contoh Karya

IMG_20180217_095050.jpg

Situs Web

Sanggar Tari , Rias dan Busana Rinekasari / Rinekasari blogspot.com/YouTube Herlia tisana

Media Sosial

Facebook Herlia Tisana/Wa Herlia tifa production

Kategori Proyek

lintasgenerasi

Deskripsi Proyek

Saya sebagai pelaku seni inggin memiliki sanggar tari yang layak untuk berkarya dan untuk berlatih anak-anak sekolah dalam kegiatan budaya Sunda khususnya Jawa Barat umumnya Nusantara. Budaya yang kita miliki sangat banyak dan multi fungsi sehingga harus dilestarikan dan di jaga oleh seluruh pelaku seni melalui pembinaan dan pelatihan terhadap generasi muda agar tidak hilang dan tidak punah di makan zaman yang memiliki teknologi yang canggih. Untuk itu saya memiliki tekad membangun sanggar ini untuk menjaga budaya Jawa Barat agar terus ada dan tidak di klaim oleh negara lain. Materi sanggar yang saya miliki adalah pelatihan tari , musik karawitan Jawa Barat koususnya Sunda dan baju daerah Nusantara .saya tidak bisa bergerak untuk memajukan seni budaya Jawa Barat dikarenakan tidak memiliki tempat yang layak, kami berlatih di sekolah-sekolah sebagai tempat untuk berekspresi untuk itu melalui Cipta Media Kreasi ini memohon bantuan agar kami bisa memiliki tempat yang layak untuk berlatih dan memiliki perlengkapan kesenian diantaranya gamelan , angklung dan yang lain. Saya sangat berterimakasih apabila keinginan Saya bisa terwujud dan Saya sebagai pimpinan sanggar mohon untuk dikabulkan permintaan ini. Semoga apa yang saya lakukan bisa bermanfaat untuk masyarakat khususnya generasi muda para pelajar sebagai generasi penerus yang memiliki budaya leluhur Jawa Barat.

Latar Belakang Proyek

Sebagai seorang seniman wanita yang ingin melestarikan seni budaya Sunda di Jawa Barat saya memerlukan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan dan untuk memajukan sanggar maka harus memiliki tempat dan sarena yang memadai. Kesulitan tempat untuk berlatih menghambat kemajuan sanggar , dengan demikian saya memerlukan lahan untuk latihan sebesar 84m2 berupa bangunan yang harus di renovasi . Selain tempat dan lahan saya memerlukan peralatan kesenian untuk berlatih diantaranya gamelan degung, angklung 1 set, kendang 6 set , kacapi 6 set. Untuk menunjang pertunjukan saya juga memerlukan pakaian busana tari baik busana tari Jawa Barat maupun Nusantara disampingnya untuk kebutuhan anak-anak paud dan TK saya membutuhkan pakaian daerah agar mereka lebih mengenal daerah di Nusantara dengan ciri khas pakaian setiap daerah. Untuk kebutuhan itu semua kami atasnama Sanggar Tari Rinekasari sanggat memerlukan bantuan demi kelancaran kelangsungan kegiatan melestarikan seni dan budaya Jawa Barat, karna kami takut kehilangan jati diri budaya kami , kami sangat prihatin terhadap anak-anak generasi muda yang tidak tau dan tidak mengenal budayanya sendiri maka melalui kegiatan cipta media kreasi ini kami sangat berharap untuk mendapat bantuan hibah kesenian. Kegiatan yang dilaksanakan di Sanggar juga tidak terlepas dari tim pengajar bidang seni dan budaya baik tari , musik dan desain busana.

Masalah yang Diangkat

Permasalahan yang ada di sanggar kami yaitu kami belum memiliki lahan atau tempat yang dipakai untuk latihan menari bermain musik dan untuk menyimpan peralatan kesenian berupa alat musik , properti dan penyimpanan busana tari yang memadai. Maka kami ingin membeli , membuat dan merenovasi tempat dan sarana tersebut. Tempat yang harus di beli dan di renovasi untuk pembuatan sanggar diantaranya tanah seluas 84 M2, pembuatan atap tempat latihan , membuat studio tari yang dindingnya di kelilingi cermin , alat audio dan video penunjang. pengadaan alat kesenian yang harus di beli gamelan, angklung, kendang,bedug biru, kacapi, untuk busana yang diperlukan busana tari merak, busana tari Kandangan,busana tari jaipongan, busana tari Nusantara, busana tari kreasi, busana tari untuk upacara adat, busana daerah untuk kebutuhan seswa paud, TK, SD, SMP, SMA dan umum, aksesoris tari, makeup, saund sistem untuk pelatihan seni musik khususnya kawih dan tembang Sunda pupuh alat penunjang lain yaitu keyboard untuk kepentingan kolaborasi karya yang kekinian , dan alat musik perkusi misalnya kahon, biola, Simbal dan alat musik lainnya. Selain tempat sarana dan prasarana yang dibutuhkan juga kami memerlukan mesin jahit untuk kebutuhan pembuatan pakaian dan aksesoris yang lainnya . Kami sangat berharap itu semua terwujud demi kelangsungan kelancaran kegiatan disanggar kami semoga terrealisasikan, Aamiin.

Indikator Sukses

Kesuksesan yang kami raih apabila tempat sarana dan prasarana terpenuhi yaitu peserta sanggar bisa meraih prestasi baik untuk dirinya, keluarga,masyarakat maupun sekolah, kami selalu berevolusi melalui kegiatan lomba-lomba pertunjukan seni apabila dibutuhkan oleh masyarakat dan kami membantu sekolah- dalam kegiatan FLS2N dari mulai tingkat kecamatan sampai tingkat propinsi. Disamping kami bisa melestarikan dan menjaga seni budaya Jawa Barat khususnya sunda kami juga bisa membantu generasi muda dari mulai anak-anak sampai dewasa bisa berprestasi aktif dan kreatif penuh inovatif.

Lokasi

Komplek BSP blok C43/45 desa sangkanhurip kec Katapang kab Bandung Jabar

Dana yang Dibutuhkan

Rp.300 Juta

Durasi Proyek

3 bulan