Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

703 - Teater Untuk Disabilitas Perempuan


Nama Inisiator

SYAHRINI ANDRIYANI

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

PERTUNJUKAN TEATER: ( 2017 ) SUTRADARA ORANG-ORANG ADAPTASI PUISI WS RENDRA (2015 ) ACTOR CITY IN THEATRE SUTRADARA SHINTA FEBRIANY DI GEDUNG KESENIAN MKS (2013 ) MONOLOG DUA CINTA NASKAH N.RIANTIARNO DI CAPHITOL SULSEL

Contoh Karya

pertunjukan Teater Kisah Tubuh.jpg

Situs Web

Media Sosial

- FACEBOOK (Rini) - IG (rinifathi)

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Penyandang Disabilitas harus mendapatkan kesempatan yang sama dalam mengembangkan dirinya melalui kemandirian dalam berbagai bidang ataupun ilmu. Melalui kondisi tersebut saya ingin berbagi dengan mereka Disabilitas Perempuan dengan melakukan pendampingan lewat media Teater yakni sebuah pelatihan yang nantinya diharapkan kepada mereka semua agar mampu menjadi sosok mandiri dengan memiliki mental yang kuat sehingga nanti mereka akan siap ketika berada di lingkungan Non Disabilitas. Hal ini juga sebagai salah satu bentuk untuk menggugah Pemerintah setempat agar selalu memberi kesempatan dan menyertakan masyarakat Disabilitas Perempuan untuk ikut andil dalam berbagai sektor baik itu sektor Pendidikan, olahraga, seni dan budaya ataupun bidang yang lainnya. Beberapa fakta perempuan penyandang Disabilitas yang sangat rentan mengalami pelecehan yakni karena keterbatasan yang dimiliki oleh mereka yaitu kurangnya kepekaan dalam diri sehingga nantinya akan berpengaruh pada respon tubuh yang akan bergerak sangat lambat, untuk itu perlu cara khusus melatih kepekaan mereka yakni salah satunya lewat Media Teater. Hadirnya Pelatihan Teater di lingkungan disabilitas perempuan ini di harapkan mampu menambah ilmu dan pengalaman mereka, ada ruang baru untuk mereka berkarya, mampu memiliki kepekaan, punya mental atau rasa percaya diri yang tinggi dan lebih memahami bahwa keterbatasan fisik itu bukan berarti membatasi segala aktifitas, ruang gerak dalam berbuat dan berkarya.

Latar Belakang Proyek

Suami saya pernah bekerja kurang lebih 5 tahun sebagai Fasilitator di sebuah lembaga Sosial, salah satu lembaga Disabilitas di Makassar, waktu itu beberapa kali saya berkunjung di kantor mereka dan melihat beberapa aktifitas , ada saat dimana mereka membuat produksi sendiri, salah satu hasil yang membuat saya cukup takjub ketika melihat mereka membuat sendal dari enceng gondok dan membuat Bros yang terbuat dari kerang. sebuah kerajinan tangan yang begitu unik menurut saya, sayangnya hanya sebagian kecil dari mereka yang memiliki keahlian seperti itu. Saya kemudian membayangkan para Disabilitas perempuan lainnya yang tidak memiliki keahlian seperti itu dan ingin bekerja di pemerintahan tapi nyatanya tidak memiliki akses untuk kesana mengingat ada kondisi fisik yang terbatas sehingga mereka dianggap akan kurang produktif. setelah itu apa yang akan terjadi pada mereka? tidak sedikit dari mereka yang menjadi stress dan depresi. dengan kemungkinan tersebut di atas saya rasa perlu ada proses pendampingan dan pengenalan Teater kepada Disabilitas perempuan sebagai proses pemulihan atas tekanan yang telah terjadi, bagaimana teater mampu menyentuh dan mengubah mereka menjadi lebih produktif , selalu merasa beruntung, tidak terpuruk dan bisa menerima kondisi fisik yang dialami karna saya sendiri percaya bahwa teater adalah sebuah terapi hidup.

Masalah yang Diangkat

Pelatihan teater untuk Disabilitas Perempuan ini akan dimulai dari pendataan Disabilitas Perempuan di Makassar yang pernah merasa terpuruk akan kondisi fisik mereka, kemudian dari seluruh pendataan tersebut akan diseleksi 15 orang untuk mendapatkan kelas pelatihan teater sebagai bentuk rasa peduli saya untuk kembali memotivasi mereka. pelatihan ini akan di buat beberapa sesi salah satunya yaitu perkenalan, bagaimana mereka belajar memperkenalkan dirinya dengan cara masing-masing sehingga terbiasa di depan umum, yang bertujuan agar peserta memahami siapa dirinya sebenarnya. dalam hal ini bisa termasuk cita-cita, kelebihan, kelemahan, keinginan dan emosi dalam diri mereka masing-masing yang nantinya akan membentuk sebuah identitas. Kemudian ada sesi Mulai Mengenal Dasar Teater, Menulis, peserta pelatihan akan didatangkan seorang penulis yang akan memandu mereka bagaimana menulis secara sederhana dan singkat berangkat dari peristiwa dan kejadian yang mereka alami selama ini. Dari tiap-tiap sesi akan dibagi beberapa kelompok dengan pendamping masing-masing yang akan saya datangkan dari beberapa teman-teman seniman dan beberapa dari himpunan disabilitas perempuan. kegiatan kelompok ini akan berlangsung beberapa minggu hingga mereka menjadi piawai dalam menulis kisah mereka. Hasil dari tulisan mereka nantinya akan menjadi sebuah naskah untuk pertujukan teater dan akan mereka di presentasikan dengan mengundang perwakilan dari beberapa Seniman dan Komunitas Disabilitas di Makassar .

Indikator Sukses

Proyek ini akan terselenggara dengan baik dengan keterlibatan dan support dari salah satu Organisasi Himpunan Disabilitas Perempuan di Makassar, harapan mereka semoga Hasil pelatihan ini dapat memberikan sumbangan terhadap pengembangan produktifitas disabilitas perempuan dan memperkaya ilmu mereka dalam bidang teater sebagai salah satu upaya penguatan pada unsur seni dan budaya di lingkungan disabilitas Perempuan. Semoga bisa terwujud dan terealisasi beriringan dengan penguatan unsur keolahragaan yang sudah berjalan saat ini.

Lokasi

Makassar Sulawesi Selatan

Dana yang Dibutuhkan

Rp.84 Juta

Durasi Proyek

4 bulan