Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

692 - Derastitch handmade


Nama Inisiator

Devi Amertara Saranti

Bidang Seni

kriya

Pengalaman

10 tahun

Contoh Karya

derastitch handmade.pdf

Situs Web

Media Sosial

https://www.instagram.com/derastitch/

Kategori Proyek

lintasgenerasi

Deskripsi Proyek

Proyek ini sudah berlangsung selama 7 bulan. Menciptakan inovasi produk kristik menggunakan media kain denim dan kulit yang digemari segala kalangan dan usia. Media tersebut merupakan trend fashion yang terus berkembang dari masa ke masa. Dipadu padankan dengan hiasan kristik yang disulam menggunakan benang warna warni untuk mempercantik visual produk tersebut. Setiap produk memiliki desain yang berbeda-beda. Produk yang sudah saya buat berupa tas, pouch, sarung bantal, cover tempat tissue, aksesoris, dll.

Latar Belakang Proyek

Dewasa ini, banyaknya inovasi produk-produk kreatif yang diproduksi dengan mesin, membuat produk kerajinan kristik mulai terlupakan dan hanya sebagaian masyarakat yang masih mengenal kerajinan ini. karena hal tersebut saya melihat celah dan ingin menciptakan inovasi kerajinan kristik dengan menggunakan media yang berbeda yaitu kain denim dan kulit. Media tersebut merupakan trend fashion yang banyak berkembang dari masa ke masa baik di dalam negeri maupun diluar negeri dan digemari segala kalangan dan usia. Menggunakan media tersebut, saya ingin merubah pandangan masyarakat mengenai kristik yang terkesan tua dan monoton yang selama ini kita sering lihat hanya sebagai hiasan dinding saja. Dengan cara memadupadankan kain denim dan kulit dengan kerajinan kristik menjadi inovasi sebuah produk terapan yang bisa mengubah image bahwa kerajinan kristik ternyata indah dan cantik bila diterapkan dalam produk2 terapan. Saya berusaha membuat desain yang berbeda-beda, baik warna maupun polanya, sehingga produk yang dimiliki setiap konsumen tidak akan sama dengan konsumen lainnya.

Masalah yang Diangkat

Saya memiliki kendala biaya yang membuat saya sulit untuk mempromosikan produk lebih luas lagi, karena saat ini produk hanya dipasarkan melalui instagram. dengan adanya biaya saya bs mengikuti pameran dan mengadakan workshop agar masyarakat tau bagaimana cara pembuatan produk tersebut. sehingga masyarakat mulai mengenal kembali dan menghargai kerajinan kristik. kurangnya biaya juga membuat saya tidak dapat merekrut kariawan untuk mengajari mereka dalam pembuatan kristik dan menjahit produk dan membeli keperluan penunjang produk. karena selama ini kita kerjakan sendiri.

Indikator Sukses

Jika masyarakat luas mulai menghargai kerajinan kristik, kemudian mengetahui dan membeli produk saya. Jika produk saya dapat dikenal dan menjadi trend dikalangan masyarakat. Terciptanya produk kerajinan kristik yang inovatif, kreatif dan tepat karena dapat digunakan segala kalangan dan usia.

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.55 Juta

Durasi Proyek

8 bulan