Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

685 - Metode Mengajar Kreatif Guru PAUD Maluku dan Kepulauan


Nama Inisiator

Saraswati Dewi

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

4 tahun

Contoh Karya

mariberbagiseni.jpg

Situs Web

https://www.youtube.com/watch?v=ksnY5IhWqSM

Media Sosial

https://www.instagram.com/mari_berbagi_seni/

Kategori Proyek

perjalanan

Deskripsi Proyek

Memberikan pelatihan metode mengajar kreatif dengan memanfaatkan kekayaan alam sekitar ditujukan untuk seluruh Guru-guru PAUD/TK di pulau pulau terpencil di Area Maluku

Latar Belakang Proyek

Minimnya prasarana dan sarana yang disediakan pemerintah pusat untuk sekolah terutama tingkat pendidikan usia dini di area pedalaman Maluku mengakibatkan guru-guru PAUD/TK kekurangan bahan ajar, baik secara materi maupun metode pengajaran. Guru-Guru PAUD/TK disana sebenarnya adalah ibu-ibu rumah tangga yang mendedikasikan diri menjadi pengajar di daerah mereka karena jumlah tenaga pendidik yang disiapkan pemerintah untuk level pendidikan usia dini sangatlah kurang. Sejak tahun 2014 Mari Berbagi Seni sudah mengajar guru-guru PAUD/TK di Pulau Saparua, pulau Banda Neira, pulau Syahrir, Pulau Hatta, dan pulau-pulau di Kepulauan Kei Kecil dan sampai saat ini Mari Berbagi Seni masih berjuang untuk memberikan pelatihan untuk pulau-pulau lainnya yang belum terjangkau di propinsi Maluku.

Masalah yang Diangkat

Kesulitan akses perjalanan, dikarenakan pulau-pulau tujuan program Mari Berbagi Seni memiliki jarak tempuh yang cukup jauh (2-40 jam) dan akses transportasi yang sulit dan terbatas. Minimnya supply bahan ajar, tidak tersedianya peralatan yang cukup, juga tenaga pengajar yang belum terlatih menjadi masalah - masalah utama yang ingin Mari Berbagi Seni bantu agar Guru-Guru PAUD/TK di Area Kepulauan Maluku mampu mengajar dengan metode kreatif, memanfaatkan sumber daya alam sekitar, dan tidak hanya mengandalkan supply bahan ajar dari pemerintah daerah.

Indikator Sukses

Indikator keberhasilan program ini adalah jumlah pulau terpencil serta jumlah sekolah yang bisa dicapai. Indikator utama adalah peningkatan kemampuan guru-guru PAUD/TK di pulau-pulau tersebut dalam mengolah sumber daya alam sekitar sebagai bahan ajar untuk anak didik dengan metode pengajaran kreatif.

Lokasi

Maluku

Dana yang Dibutuhkan

Rp.920 Juta

Durasi Proyek

8 bulan