Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

679 - Warisan Budaya Kita


Nama Inisiator

Lia Angelina

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

baru memulai

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Proyek ini merupakan penyediaan akses dan sarana mengembangkan wisata edukasi tentang kebudayaan. Proyek ini memiliki tujuan memfasilitasi kegiatan pelestarian kebudayaan lokal yang di kemas dengan wisata edukasi. Proyek ini bekerja sama dengan desa wisata atau pelaku kebudayaan yang mempunyai rutinitas melestarikan kenudayaan. Pengunjung tidak akan melihat, tetapi terlibat dalam aktivitas pelestarian budaya,diberikan materi mengenai sejarah, filosofi dan aktivitas tersebut. Proyek ini memilih desa wisata atau pelaku budaya yang melibatkan wanita di dalamnya. Saat ini rencana proyek inimemiliki sasaran pelaku budaya antara lain, Jemparingan (seni panah tradisional) di desa Ambarketawang, Tuthuk Lesung (bermain musik dengan gerakan menumbuk padi) di desa Watulumbun, Produki Batik Amarylis di desa Putat, Reog dan Ketoprak di desa Bedoyo. Proyek ini akan menyediakan galeri tempat display aktivitas yang di lakukan oleh pelaku kebudyaan serta produk - produk kebudayaan dimana pengujung bebas mengaksesnya. Proyek ini akan menunjuk pemandu dari masing - masing pelaku budaya (terutama wanita) yang akan dilatih untuk memandu wisata edukasi. Proyek ini berencana akan bekerja sama dengan komunitas kebudayaan di Yogyakarta untuk pendampingan pelatihan dan perkembangan aktivita budaya. Oleh karena itu, aktivitas dalam proyek ini diharapkan menjadi alternatif cara untuk mewariskan kebudayaan kita melalui wisata edukasi kepada generasi muda, maupun memperkenalkan kebudayaan kita kepada masyarakat luas.

Latar Belakang Proyek

Proyek ini dibuat berdasarkan kondisi saat ini, dimana generasi muda memiliki keterbatasan pengetahuan tentang kebudayaan sendiri. Pemerintah maupun pelaku kebudayaan telah melakukan berbagai upaya dalam pelestarian budaya. Kebudayaan kita merupakan kekayaan identitas yang setiap daerah memilikinya. Identitas kita menunjukan siapakah diri kita, Mnurunnya minat generasi muda untuk belajar atau menjadi pelaku budaya merupakan latar belakang proyek ini. Proyek ini akan memberikan cara alternatif dalam pewarisan budaya yang dilakukan melalui wisata. kegiatan pewarisan budaya akan dilakukan dengan aktivitas yang menyenangkan, penjung juga akan diberikan materi tentang filosofi dan sejarah kebudayaan tersebut. Dengan demikian kebudayaan kita akan terwariskan kepada generasi penerus.

Masalah yang Diangkat

Proyek ini merupakan penyediaan akses dan sarana mengembangkan wisata edukasi tentang kebudayaan. Proyek ini memiliki tujuan memfasilitasi kegiatan pelestarian kebudayaan lokal yang di kemas dengan wisata edukasi. Proyek ini bekerja sama dengan desa wisata atau pelaku kebudayaan yang mempunyai rutinitas melestarikan kenudayaan. Pengunjung tidak akan melihat, tetapi terlibat dalam aktivitas pelestarian budaya,diberikan materi mengenai sejarah, filosofi dan aktivitas tersebut. Proyek ini memilih desa wisata atau pelaku budaya yang melibatkan wanita di dalamnya. Saat ini rencana proyek inimemiliki sasaran pelaku budaya antara lain, Jemparingan (seni panah tradisional) di desa Ambarketawang, Tuthuk Lesung (bermain musik dengan gerakan menumbuk padi) di desa Watulumbun, Produki Batik Amarylis di desa Putat, Reog dan Ketoprak di desa Bedoyo. Proyek ini akan menyediakan galeri tempat display aktivitas yang di lakukan oleh pelaku kebudyaan serta produk - produk kebudayaan.

Indikator Sukses

Proyek ini telah dapat dikatakan sukses apabila desa wisata atau pelaku budaya telah memperoleh minimal 3 kali kunjungan setiap bulan dan Galeri Warisan Budaya kita memperoleh minimal 8 kunjungan setiap bulan.

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.230 Juta

Durasi Proyek

3 bulan