Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

615 - MAHAKARYA WANITA INDONESIA DIMATA KITA


Nama Inisiator

Raben Tamasha Elles Sitompul

Bidang Seni

sastra

Pengalaman

2 tahun

Contoh Karya

IMG-20161229-WA0000.jpg

Situs Web

https://anythingelles.wordpress.com/

Media Sosial

Facebook: Elles Sitompul | Instagram: @ellessitompul

Kategori Proyek

perjalanan

Deskripsi Proyek

Mengumpulkan dan mempelajari beberapa karya seni budaya wanita Indonesia dari Sabang hingga Merauke, Indonesia. Mempertunjukan karya-karya tersebut berupa audiovisual (tarian, musik, dan pertunjukan lainnya) dan karya fisik lainnya (seperti kain, kerajinan tangan, alat musik tradisional, baju tradisional, dan lainnya) di beberapa kota besar ramai wisatawan dengan mengusung sebuah konsep STREET ART & CULTURE EXHIBITION.

Latar Belakang Proyek

Banyak dari karya wanita di Indonesia yang sampai saat ini belum dikenal khalayak. Baik itu warga negara Indonesia terlebih lagi mancanegara. Kurangnya media untuk memperkenalkan dan mempertunjukan karya-karya tersebut menjadi salah satu masalah yang membuat keberagaman seni budaya para wanita akhirnya tenggelam tanpa diketahui orang. Pemilihan kategori "Perjalanan" juga mempunyai alasan tersendiri. Selain memang bisa mempelajari secara langsung karya seni budaya tersebut, ini akan menjadi salah satu alternatif maupun solusi agar karya-karya seni budaya wanita tersebut dapat dikenal khalayak. Lokasi dari Sabang hingga Merauke dipilih juga bertujuan supaya beberapa titik di Indonesia bisa mendapat kesempatan (walau akan ada kemungkinan tidak semuanya akan disinggahi). Meski ini kali pertama saya mengambil langkah besar dan ada kemungkinan beberapa resiko yang dihadapi, namun dengan keyakinan yang kuat dibantu juga dengan rekan-rekan sekitar, langkah ini akan menjadi langkah yang dapat memberikan kebaikan dan kebahagiaan bagi siapapun.

Masalah yang Diangkat

Keterbatasan media untuk mempertunjukkan karya seni budaya wanita yang menjadi pokok masalah mengapa orang-orang banyak yang tidak mengetahui tentang hal tersebut. Diharapkan dengan adanya proyek dengan hasil berupa sebuah STREET ART & CULTURE EXHIBITON ini, dapat menjadi media yang tepat bagi ragam pekarya wanita Indonesia untuk menunjukan betapa luar biasanya wanita Indonesia. Orang-orang pun akan lebih tahu dan juga turut membanggakan serta mengapresiasi karya seni budaya tersebut.

Indikator Sukses

Akan ada STREET ART & CULTURE EXHIBITION dengan tema "MAHA KARYA WANITA INDONESIA DIMATA KITA" di beberapa kota besar ramai wisatawan di Indonesia. Sebagai bonus, semua proses juga akan didokumentasikan dan ditayangkan di beberapa media (baik itu YouTube atau Blog).

Lokasi

Sabang sampai Merauke, Indonesia

Dana yang Dibutuhkan

Rp.267 Juta

Durasi Proyek

7 bulan