Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

614 - Merah Jambu: Majalah Digital Seni


Nama Inisiator

Yossy HG Panjaitan

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

2 tahun

Contoh Karya

Karikatur.jpeg

Situs Web

Media Sosial

Instagram @yossyhanna

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Merah Jambu adalah panduan berupa majalah digital yang ditujukan untuk mendorong, memperlengkapi, dan mendukung aspirasi seni wanita di Indonesia. Dalam penyajiannya, seluruh artikel akan dibuat interaktif sesuai dengan karakter ilustrasi saya. Artikel terbagi dalam tiga kategori yaitu Inspirasi, Edukasi dan Komunitas. Kategori Inspirasi mencakup profil berbagai seniman wanita di Indonesia yang diperoleh melalui wawancara dengan tujuan untuk memberikan inspirasi, saran, arahan dan sudut pandang pendalaman seni dari kisah dan pengalaman para seniman wanita di Indonesia. Kategori kedua, Edukasi, mencakup berbagai macam informasi umum yang diperoleh melalui wawancara dan riset dengan tujuan untuk membantu wanita pemula dan menengah untuk mengembangkan bakat seni mereka. Informasi-informasi tersebut sebagai contohnya (namun tidak terbatas pada) cara menemukan jati diri mereka melalui seni, cara memulai, membagi dan mencari waktu, menemukan jenis seni yang disukai dan ingin ditekuni, menjadi lebih percaya diri, mengembangkan karir dan portfolio, menemukan gaya sendiri, mempublikasikan karya, menentukan harga, tips, informasi kegiatan/komunitas seni, dan tutorial-tutorial untuk seniman pemula dan menengah. Kategori Komunitas, adalah wadah untuk mempublikasikan hasil karya melalui galeri bersama agar seniman wanita dapat terdorong untuk berkarya, bergabung dengan komunitas seni wanita, mengurangi rasa takut untuk mempublikasikan karya dan dapat saling belajar dari karya satu sama lain.

Latar Belakang Proyek

Sebagai seorang ilustrator yang belum lama terjun ke dunia seni dan masih memiliki pekerjaan tetap sebagai pegawai keuangan di startup digital, kerap kali saya mengalami kesulitan menemukan sumber pengetahuan dan panutan untuk mengembangkan kemampuan ilustrasi saya. Saya percaya bahwa saya tidak sendiri. Di Indonesia, banyak wanita tanpa pendidikan seni yang sebetulnya memiliki bakat yang belum dikembangkan atau ingin belajar seni namun tidak mengetahui cara memulainya. Biasanya kelompok wanita ini adalah ibu rumah tangga, wanita bekerja, pengusaha dan atau pelajar tanpa latar belakang pendidikan seni. Saya ingin menyediakan satu wadah informasi yang interaktif dan menarik di mana wanita-wanita tersebut dapat memperoleh inspirasi, arah, pendidikan dasar, dan informasi terkait dunia seni.

Masalah yang Diangkat

Kurangnya media di Indonesia untuk seniman wanita pemula dan menengah yang membahas segala sesuatu tentang seni secara menyeluruh. Informasi yang ada saat ini cenderung masih sporadis dan belum benar-benar menargetkan wanita-wanita seniman pemula ataupun yang sama sekali belum memulai karir seni mereka. Ketidaktahuan akan hal-hal dasar ini dapat menghalangi keinginan para wanita ini untuk memulai.

Indikator Sukses

1) Dibuatnya 50 ilustrasi dan artikel profil seniman wanita di bidang seni rupa (multimedia, gambar, lukis, patung, kerajinan tangan, kriya dan grafis), musik, teater dan tari beserta pembahasan karya-karya mereka. 2) Dibuatnya 100 artikel edukasi (tips, informasi kegiatan dan komunitas seni dan tutorial-tutorial untuk seniman pemula dan menengah). 3) Diselesaikannya pembangunan website dan pendukung-pendukungnya (surel berkala, instagram, youtube dan facebook)

Lokasi

Bandung

Dana yang Dibutuhkan

Rp.150 Juta

Durasi Proyek

9 bulan