Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Widi Rahayu


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

3 tahun

Situs Web

www.ecopaintingindonesia.wordpress.com

Media Sosial

https://www.instagram.com/rahayuwidi3/

Proyek


No. Formulir

604

Judul Proyek

Eco Painting - The Amazing of Plants

Lokasi Proyek

ISBI Bandung, ITB Bandung, IKJ Jakarta, ISI Yogyakarta, ISI Bali

Deskripsi Proyek

Proyek yang akan di jalankan merupakan pemberian akses kepada mahasiswa dan penggiat seni lukis untuk sama sama mengenal eco painting, yaitu proses berkesenian yang menjadikan alam sebagai inspirasinya. Mendatangi perguruan tinggi di wilayah Jawa - Bali untuk melakukan kegiatan seminar , eksplorasi cara pembuatan ekstrak warna alami tumbuh-tumbuhan, workshop melukis menggunakan ekstrak warna tumbuhan selama 3 hari untuk satu perguruan tinggi, dan di akhiri dengan pameran bersama (level nasional). Selain memberikan akses kepada mahasiswa dan penggiat seni, secara tidak langsung hal ini juga menjadi akses lain bagi saya untuk melakukan pengenalan tentang hasil eksplorasi ekstrak warna tumbuhan untuk melukis ini kepada masyarakat luas. Proses pengenalan eco painting untuk lingkup kecil sudah pernah dilakukan dalam kurun waktu 1 tahun terakhir ini, hanya saja keterbatasan berbagai akses yang dirasakan menjadikan pengenalan terhadap eco painting ini hanya berfokus di satu wilayah saja. Dengan adanya program ini, maka hal tersebut akan menemukan solusinya. Dengan terlakasanyanya kegiatan ini di wilayah pulau Jawa - Bali yang juga menjadi pusat perkembangan seni rupa Indonesia, diharapkan akan menjadi kegiatan rutin untuk di kemudian hari, dan membuka kesempatan untuk melakukan kegiatan serupa di luar pulau Jawa-Bali.

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Eksplorasi pembuatan cat lukis alami bukanlah sesuatu yang baru dan satu-satunya, namun setiap teknik dan warna yang dihasilkan tentunya memiliki keunikan masing-masing yang dihadirkan oleh si peneliti. Setelah proses eksplorasi selama 2 tahun saya menghasilkan 7 pewarna alami yang dapat digunakan untuk melukis, pewarna tersebut dapat diaplikasikan menjadi cat lukis yang larut dalam air di atas kanvas dan kertas menggunakan kuas sebagai alat lukisnya. Cat lukis alami ini merupakan pigmen yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti akar, daun, bunga, biji, buah dsb yang kemudian di eksplorasi menggunakan metode konvensional tanpa mengeksploitasi sumber daya alam sekitar. Selama 1 tahun terakhir setelah lulus kuliah saya mencoba untuk mengajak orang-orang sekitar untuk melakukan kegiatan melukis dengan cat alami ini. Respon beragam tentu saya dapatkan dari kegiatan melukis bersama menggunakan cat lukis alami ini. Harapan dari cat lukis alami yang sudah ada ini untuk selanjutnya dapat di akses oleh mahasiswa sebagai generasi muda Indonesia untuk mencoba melakukan kegiatan berkeseni rupaan khususnya seni lukis - eco painting bersama-sama. Melalui kegiatan seminar, workshop, dan pameran diharapkan eco painting dapat merambah dikalangan mahasiswa seni rupa yang kelak akan menjadi calon seniman - seniman Indonesia dimasa yang akan datang.

Masalah yang Diangkat

Besar harapan agar generasi muda yang memilih seni rupa lukis sebagai salah satu passion mereka mampu memberikan pembaruan untuk bidang seni lukis Indonesia. Sejak awal seni rupa masuk ke Indonesia, memang barat masih menjadi magnet yang kuat untuk dijadikan kiblat dari seni rupa. Manusia Indonesia sudah berkesenian sejak lama, mereka mengeksplor alam disekitarnya untuk dijadikan inspirasi dari karya yang dihasilkan, termasuk pewarna yang mereka gunakan juga berasal dari lingkungan tempat mereka berasal. Seiring waktu masuk pada era modern, cat lukis yang lebih praktis banyak di import dari barat dan pewarna alami mulai tersingkirkan. Pada kesempatan ini saya kembali mencoba mengangkat segala kemungkinan dari potensi alam di sekitar agar dapat menjadi manfaat bagi perkembangan seni lukis Indonesia. Eco painting, sebuah kegiatan melukis menggunakan bahan alami dengan warna khas dari tumbuhan yang tumbuh subur di Indonesia. Karena pada dasarnya jika cat warna ini ditandingkan dengan cat pewarna yang sudah umum tentu akan menjadi sangat tidak sebanding, karena tolak ukurnya adalah paham ekonomi dan komoditi industri. Akan tetapi pewarna alami lebih dalam dari sekedar standar tersebut, dimana ada kepentingan emosional value yang seharusnya sudah masuk ke dalam ranah yang berbeda sebagai warisan karya anak bangsa untuk seni lukis Indonesia.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

Indikator Sukses: 1. Terlaksananya kegiatan seminar, eksplorasi, dan workshop di 5 perguruan tinggi wilayah Jawa - Bali 2. Terlaksanaya pameran bersama yang dapat diapresiasi oleh masyarakat. Pameran akan menampilkan kumpulan hasil karya eco painting yang didapatkan selama proses workshop. 3. Terbentuknya katalog yang berisi kumpulan karya eco painting dan tata cara proses eksplorasi tumbuhan menjadi ekstrak warna alami untuk melukis. 4. Dengan terlaksananya 3 point di atas, saya sebagai perempuan bersyukur mampu menghasilkan corak baru dalam melukis untuk seni rupa indonesia.

Dana Hibah

Rp.110 Juta