Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Herni Frilia Hastutie


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

12 Tahun

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

595

Judul Proyek

S.A.I - Sastra Anak Indonesia

Lokasi Proyek

Indonesia - tersebar

Deskripsi Proyek

Proyek SAI bertujuan untuk mengorganisir dan memfasilitasi para penulis dan illustrator perempuan untuk menghasilkan karya buku anak terbaik. Untuk memperkaya literatur buku anak di Indonesia, karya-karya tersebut akan dikemas dalam seri buku bacaan khusus anak perempuan Indonesia. Buku-buku yang dihasilkan nantinya adalah buku anak yang mampu membangun kepercayaan diri anak. Mengandung pesan bahwa semua anak perempuan spesial. Mengajarkan keberagaman. Berani meraih mimpi. Menghadapi rasa takut, sedih, dan putus asa. Mengajarkan nilai dan keagungan moral. Dikemas dalam cerita dan ilustrasi menarik, seru, lucu dan indah yang tidak hanya mendidik tetapi juga menguatkan karakter anak perempuan. Kegiatan SAI bertahap. Tahap pertama menjaring tim penulis dan illustrator. Seleksi ini terbuka untuk semua perempuan Indonesia. Tahap berikutnya workshop penulisan. Workshop secara langsung diadakan untuk peserta yang bersedia hadir. Diskusi online atau kunjungan dilakukan untuk peserta yang berhalangan. SAI ingin membantu dan mendukung semua perempuan yang gemar menulis dan membuat ilustrasi untuk menghasilkan karya, baik yang bebas bepergian maupun yang terbatas geraknya. Selanjutnya penggarapan buku. Karya yang dihasilkan akan diterbitkan lewat jalur penerbit Indi. Tim penulis dan ilustrator mendapatkan royalti beli putus. Buku-buku hasil proyek SAI selanjutnya akan dibagikan gratis ke perpustakaan anak di sekolah-sekolah dan perpustakaan komunitas tersebar di Indonesia.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Saya bekerja di LSM bidang metodologi pendidikan anak dan lingkungan sejak 12 tahun yang lalu. Kadang-kadang menulis cerita anak untuk keperluan proyek pendidikan atau untuk hobby. Saya percaya bahwa buku bacaan punya peran penting dalam pendidikan. Karenanya saya memiliki ketertarikan khusus pada buku anak dan proyek S.A.I adalah mimpi besar saya dalam mendukung sastra anak di Indonesia. Sastra anak Indonesia penting untuk didukung karena minimnya penulis dan ilustrator buku anak di Indonesia. Sangat sedikit jumlahnya yang dapat kita kenal. Jika kita berkunjung ke toko buku, buku-buku anak yang dibadrol mahal dan dianggap berbotot kebanyakan datang dari luar negri. Buku-buku yang sengaja diimport atau diterjemahkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen cilik kita. Masyarakat Indonesia juga lebih mengenal nama-nama penulis buku anak dari luar negri dibanding penulis Indonesia. Tuntutan pasar turut mempengaruhi pilihan menerbit besar untuk memilih buku yang bisa diterbitkan. Buku-buku anak sering kali tidak punya cukup ruang. Proyek S.A.I optimis bahwa Indonesia punya banyak penulis dan illustrator buku anak berbakat yang butuh untuk difasilitasi, diapreasiasi dan didukung berkarya. Pada proyek ini, S.A.I mengkhususkan pada penulis dan ilutrator perempuan agar mencipta untuk anak perempuan Indonesia.

Masalah yang Diangkat

Buku anak yang saat ini beredar di pasaran kebanyakan adalah buku-buku “moral science” yang hanya mengajarkan apa yang benar dan apa yang salah menurut versi penulis dan masyarakat. Atau buku anak bertema religius dan buku anak bertajuk ilmu pengetahuan saja. Anak Indonesia butuh bacaan yang lebih dari itu. Mereka membutuhkan bacaan yang menginspirasi. Bacaan yang memberikan ruang bagi anak untuk berpikir kritis, untuk secara sederhana mengkaji cerita dan menggali pesan dari sudut pandang kanak-kanaknya. Dikhususkan untuk pembaca anak perempuan dengan tujuan menguatkan mereka sedari dini. Khususnya anak-anak perempuan di daerah pelosok. Maraknya putus sekolah, pernikahan dini tanpa kesiapan, dan perempuan-perempuan muda menganggur yang hanya pasrah pada nasibnya adalah hal yang harus diubah. Seorang anak yang membaca akan menjadi orang dewasa yang berpikir.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

1.) Ada penulis dan illustrator perempuan (± 10 orang) yang menghasilkan karya buku anak, diterbitkan dan diapreasiasi. 2.) Terbit seri buku anak (± 5 buku dalam 1 seri) untuk anak perempuan Indonesia yang diterbitkan lewat jalur penerbit indi. Masing-masing buku dicetak ± 500 eksemplar atau lebih. 3.) Ada perpustakaan-perpustakaan di sekolah dan komunitas yang medapatkan buku anak dari proyek S.A.I secara cuma-cuma. 4.) Anak-anak perempuan di Indonesia mendapatkan akses untuk membaca dan menikmati buku dari proyek S.A.I, bacaan anak yang dapat mereka kaitkan dengan kehidupan sehari-hari hingga mereka terinspirasi untuk menjadi generasi yang lebih baik.

Dana Hibah

Rp.390 Juta