Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

584 - MATAMINANG #30


Nama Inisiator

Fitra Hasane

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

10 tahun

Contoh Karya

MATAMINANG 3.jpg

Situs Web

Media Sosial

https://www.facebook.com/fitra.hasane

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

MATAMINANG #30 merupakan pertemuan dari pemikiran-pemikiran kritis seorang perempuan Minangkabau dalam bentuk lukisan. Sebanyak 30 buah lukisan hasil karya saya pribadi akan dikurasi dan dipamerkan di salah satu kabupaten/ kota di Provinsi Sumatera Barat. Lukisan yang akan dipamerkan memiliki ide dasar berupa potret persoalan adat istidat dan konflik sosial budaya yang terjadi pada masyarakat Minangkabau dari sudut pandang perempuan Minang.

Latar Belakang Proyek

Saya mengenal dunia seni rupa sejak tahun 2008, pada saat kuliah di UPI Bandung Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur. Pada saat itu karya saya masih berupa sketsa pensil dari berbagai objek seperti manusia, hewan, tumbuhan dan gedung. Tahun 2011 saya mulai melukis diatas kanvas, bereksplorasi menggunakan beragam jenis media, alat dan cat. Kekuatan terbesar yang mendorong saya untuk terus melukis adalah adanya keinginan untuk mengetengahkan dan memberi opini kritis mengenai persoalan-persoalan krusial yang terjadi di Minangkabau lewat lukisan. Agar karya, ide dan pemikiran saya lebih jauh menjangkau masyarakat, saya memerlukan ruang untuk berekspresi dan mempublikasikan karya. 30 buah lukisan yang nantinya akan dipamerkan, mewakili usia saya yang sebentar lagi memasuki angka 30 tahun. Ini juga sebagai wujud rasa syukur atas anugerah kehidupan yang selama ini diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Masalah yang Diangkat

Kendala yang saya hadapi tidak sedikit. Selama ini saya berjuang untuk tetap melukis tanpa dukungan dari orangtua. Karena itu saya memiliki akses yang sangat terbatas jika ingin membuat sebuah karya lukis, mulai dari alat, bahan maupun tempat. Karya-karya saya hanya dapat di publikasikan lewat foto di media sosial dengan jumlah apresiator yang minim. Saya belum pernah mengikuti pameran dan ingin sekali melakukan pameran perdana. Di tengah segala keterbatasan tersebut, yang paling saya perlukan adalah dukungan dana untuk membeli peralatan melukis yang berkualitas seperti cat, media lukis, pisau palet, dll. Serta biaya untuk penyelenggaraan pameran MATAMINANG #30.

Indikator Sukses

Terselesaikannya 30 buah lukisan dan terselenggarannya pameran MATAMINANG #30

Lokasi

Sumatra Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp.35 Juta

Durasi Proyek

8 bulan