Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

571 - pelatihan Batik Tulis "Dari Perempuan Untuk Negeri"


Nama Inisiator

putri utami mukti

Bidang Seni

kriya

Pengalaman

4 tahun

Contoh Karya

IMG-20180112-WA0019.jpg

Situs Web

Media Sosial

ig: putri_utami_pd dan putri_nurismah

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Pelatihan batik tulis ini, saya titik beratkan kepada pelajar, khususnya di tingkat SLTP-SLTA se-derajat. Karena para pelajar itulah pewaris kebudayaan. Tentu saja, dukungan pihak sekolah terkait menjadi salah satu faktor penting dalam kelangsungan kegiatan pelatihan batik tulis ini. Dalam setiap kegiatan, saya membutuhkan empat jam untuk memberikan materi pelatihan batik tulis. Mulai dari teori-teori dasar membatik sampai dengan praktek dan evaluasi hasil. Guna memantapkan pelatihan itu, di setiap sekolah yang saya kunjungi sedianya akan dilangsungkan selama empat kali pertemuan dengan waktu yang telah saya sepakati dengan pihak terkait. Selain untuk mengapresiasi antusias para pelajar, pelatihan dengan waktu berjenjang itu sebagai cara untuk lebih mengasah kemapuna para pelajar dalam membatik. Di sekolah-sekolah, para pelajar berhasil mengaplikasikan pelatihan batik tulis ini menjadi beragam bentuk. Diantaranya; telapak meja, kain panjang (jarik), bandana, selendang, sarung, jilbab dan sebagainya. Konsep kegiatan pelatihan batik saya buat semenarik mungkin, artinya dengan mengakomodir semangat jaman now. Dengan mengadakan gimik-gimik semacam game, tanya jawab dll. Karena kesenangan para peserta untuk mengikuti pelatihan batik adalah hal terpenting yang saya sasar. Dialektika antara saya dan peserta harus dibangun seharmonis mungkin, agar jalannya pelatihan batik bisa berjalan dengan lancar.

Latar Belakang Proyek

Batik tulis merupakan salah satu warisan budaya bangsa turun-temurun yang lestari hingga saat ini. Sebagai salah satu pengiat batik, saya kerap membuat acara workshop atau pelatihan batik tulis di berbagai sekolah, desa dan komunitas-komunitas seni yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. Tak terasa sudah, apa yang saya kerjakan sudah berjalan selama tiga setengah tahun. Tentu saja, kegiatan pelatihan batik tulis ini memiliki kendala. Salah satu kendala yang saya hadapi adalah terkait pendanaan. Karena faktor dana, saya kerap menarik administrasi kepada para peserta untuk pengadaan alat dan bahan. Karena dalam kegiatan ini saya juga memiliki tim yang berjumlah tujuh orang. Maka dengan ini saya berharap ada sedikit bantuan dari Hibah Seni untuk membantu kegiatan pelatihan Batik Tulis yang saya kerjakan.

Masalah yang Diangkat

pokok pikiran yang saya ajukan adalah ingin lebih membumikan Batik sejak usia dini sampai tingkat remaja dan dewasa. mengingat batik sebagai warisan budaya luhur pada era saat ini tengah dihadapkan dengan aneka ragam fashion, style, dan gaya berpakaian yang jauh dari nilai-nilai budaya kita. dalam hal itu, masalah yang saya hadapi adalah persoalan pendanaan untuk mempersiapkan peralatan dan segala kebutuhan yang diperlukan. persoalan paling mendasar adalah pengadaan bahan-bahan dasar untuk pelatihan membatik.

Indikator Sukses

1. para peserta pelatihan berhasil membuat motif sampai ke aplikasi menjadi busana. dan pada gilirannya nanti akan kita buatkan gelaran fashion show sederhana untuk memberi semangat pada peserta. serta ditengah-tengah acara itu akan kita bikinkan satu gelaran bersama dalam bentuk pameran kecil.

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.47.452 Juta

Durasi Proyek

7 bulan