Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

570 - Pengkajian Perkembangan Desain dan Motif Tenun Ikat Sumba


Nama Inisiator

Veronika B. Mayorga

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

15 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Inti kegiatan yang dilakukan dalam proyek ini adalah melakukan kajian tentang desain dan motif pada umumnya dan kain Sumba Timur khususnya serta motif-motif yang digunakan sebagai ragam hias dan ragam hias tersebut digunakan pada benda apa saja selain tenun ikat. Semua hasil kajian didokumentasikan dalam sebuah buku.

Latar Belakang Proyek

Berawal dari minat dan kecintaanku pada budaya seni budaya leluhurku, saya terdorong untuk melakukan pengamatan pada kain tenun Sumba sejak tahun 1972 hingga kini. Tulisan lepas tentang kain Sumba diterjemahkan oleh P. Dr. Herman May, CSsR dan dimuat di Majalah Die Insel Sumba pada tahun 1980. Dalam pengamatan saya pada desain dan motif tenun ikat Sumba Timur terdapat pola hidup, tatanan masyarakat dan kehidupan religi masyarakat Sumba sehingga merupakan manifestasi dari kehidupan masyarakat Sumba pada umumnya yang menganut aliran kepercayaan Marapu, dan karenanya dapat dikatakan bahwa kain Sumba Timur adalah sebuah potret diri masyarakat Sumba. Edgar Keller seorang berkebangsaan Swiss yang mejadi salah satu narasumber pada diskusi yag diadakan oleh museum tekstiul Indonesia di Jakarta pada Oktober 2013 mendatangi saya 4 tahun yang laluberbincang tentang kebenaran sejarah yang meyatakan bahwa kain Sumba Timur telah menjadi komoditi eksport di abad ke-19. Dari perbincangan inisaya terdorong untuk mengkaji lebih dalam ragam hias tenun ikat Sumba termasuk ragam hias geometris dan motif patola serta motif-motif pengaruh daerah luar.

Masalah yang Diangkat

Minimnya pendokumentasian perkembangan desain dan motif tenun ikat Sumba Timur.

Indikator Sukses

1) Tersediannya 500 buah buku tentang tenun ikat Sumba Timur 2) Pameran tenun dan peluncuran buku 3) Adanya dokumentai perkembangan desain dari masa ke masa

Lokasi

Sumba Timur dan Sumba Barat Daya/Nusa Tenggara Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp.70 Juta

Durasi Proyek

9 bulan