Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

564 - PENDERAS


Nama Inisiator

Dian Anggraini

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

6 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

https://youtu.be/NNO6K8lquTQ

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Karya ini merupakan karya tari yang mengangkat mengenai fenomena sosial yang terdapat di Pesisir Barat Lampung. Mengangkat kehidupan Perempuan Penderas Damar kedalam bentuk karya tari dan disajikan kedalam bentuk koreografi lingkungan dengan memanfaatkan hutan damar sebagai ruang pentas.

Latar Belakang Proyek

Melihat fenomena perempuan yang terdapat di Pesisir Barat Lampung. Sebuah tradisi yang menempatkan perempuan dengan beban kerja ganda, perempuan yang terlibat langsung dengan pengelolahan hutan damar, mulai dari menaiki pohon damar dengan tinggi yang tidak kurang dari 20 meter sampai dengan membawa dan menyortir antara kualitas baik dan buruk. Sementara kaum lelaki lebih banyak menghabiskan waktu bersantai sembari minum kopi.

Masalah yang Diangkat

Sebagai inspirasi bagi para koreografer muda untuk menciptakan tari dari fenomena disekitar. Sebagai pertunjukan yang menghibur namun memiliki nilai filosofi, edukasi, dan estetika. Menjadi salah satu solusi ruang pentas bagi pertunjukan tari di daerah Lampung.

Indikator Sukses

proyek ini dianggap berhasil, jika dalam proses hingga pementasan koreografer dapat melibatkan para perempuan penderas damar sebagai bagian dari karya tari yang akan dibuat, serta mampu menyuarakan teriakan untuk kebebasan perempuan penderas damar agar mendapatkan perlakuan yang setara dengan laki-laki.

Lokasi

Lampung

Dana yang Dibutuhkan

Rp.76 Juta

Durasi Proyek

5 bulan