Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Adelia Rahmawati


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

sastra

Pengalaman Berkarya

Baru memulai

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

https://m.facebook.com/home.php?_rdr

Proyek


No. Formulir

544

Judul Proyek

GTT profesi ujung tombak generasi

Lokasi Proyek

Kabupaten Malang

Deskripsi Proyek

GTT atau Guru tidak tetap adalah sebuah profesi yg tidak populer bagi sebagian besar anak muda. Di jaman yang serba digital ini begitu banyak lapangan pekerjaan. Namun keberlangsungan generasi yang berkualitas dimulai dari sekolah dan pastinya membutuhkan guru yang berkualitas pula. Saya ingin menulis buku tentang kisah kehidupan para GTT dari berbagai kalangan usia. Dikemas menggunakan bahasa yang ringan agar anak muda tertarik untuk membaca. Di selingi dengan puisi yg berkaitan dengan kehidupan para GTT.

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

Di jaman yang serba digital sekarang, peluang usaha dan lapangan pekerjaan begitu terbuka lebar. Tuntutan akan SDM yang berkualitas pun tinggi. Bagi kebanyakan anak muda menjadi guru bukanlah pilihan, mereka berfikir bahwa di dunia ini banyak sekali pekerjaan-pekerjaan keren lain yang lebih menjanjikan. Kemudian muncullah pertanyaan, bagaimana menjawab tantangan dunia yg begitu cepat berubah? Bagaimana menciptakan SDM berkualitas yang siap bersaing? Jawabannya adalah dibutuhkan Guru-guru yang berkualitas.

Masalah yang Diangkat

Pada 2017, jumlah penduduk Indonesia diperkirakan mencapai hampir 262 juta jiwa. Angka tersebut didominasi oleh usia produktif. Indonesia memiliki 1,4 juta guru yang berstatus NON PNS. Itu artinya tidak menutup kemungkinan jumlah guru NON PNS akan bertambah. Guru-guru tersebut berasal dari berbagai usia dan lama pengabdian. Namun kebanyakan dari mereka tetap bertahan menjadi guru meskipun gaji mereka terhitung kecil. Apa yang membuat mereka bertahan.

Durasi Proyek

8 bulan

Indikator Sukses

Kisah-kisah inspiratif para GTT berhasil dibukukan dan buku tersebut dapat didistribusikan kepada GTT yang lain di Indonesia. Dan buku tersebut dapat diapresiasi dan mengapresiasi generasi muda di perguruan tinggi.

Dana Hibah

Rp.120 Juta