Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

K S Gitaswari Prabhawita


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

2 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Instagram : @pudakpetakstudio dan YouTube : https://www.youtube.com/channel/UCeHg0P0eSKfKyom0v9pgLSw

Proyek


No. Formulir

539

Judul Proyek

Ngiring Mesolah

Lokasi Proyek

Kota Surakarta

Deskripsi Proyek

Acara “Ngiring Mesolah” ini merupakan Acara Pentas Tari yang dibuat oleh Pudak Petak Dance Studio. Acara ini dimaksudkan untuk mengenalkan Pudak Petak sebagai komunitas tari Bali yang ada di kota Surakarta dan menampilkan hasil dari latihan rutin yang dijalankan komunitas ini setiap satu kali dalam seminggu. Judul acara “Ngiring Mesolah” sendiri diambil dari bahasa bali yang berarti mari menari.

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Pudak Petak Dance Studio adalah Komunitas independent yang bergelut dalam bidang seni tari. Komunitas ini terbentuk pada 26 September 2016 di Surakarta yang di prakarsai oleh Gita Prabhawita. Terbentuknya komunitas ini didasari oleh keinginan Gita Prabhawita mengajarkan tari tradisi bali kepada teman-teman terdekatnya. Keinginan tersebut mendapat respon yang positif yang kemudian membuat komunitas ini bisa dikenal dan berkesempatan tampil di beberapa event di kota Surakarta maupun diluar kota seperti pentas Nemlikuran di SMKN 8 Surakarta, pentas Septuponan di Puro Mangkunegaran, Festival Candi Kembar di Candi Plaosan. Seiring berjalannya waktu, diakhir tahun 2017 Pudak Petak Dance Studio menjadi sebuah komunitas yang beranggotakan koreografer dan penari perempuan muda dari berbagai daerah yang memiliki latar belakang tari yang beragam. Hal tersebut kemudian menjadi kekuatan dan daya tarik dari komunitas ini. Beberapa karya bersama sudah dihasilkan oleh komunitas ini. Saat ini kegiatan rutin yang dijalankan komunitas ini adalah latihan tari Bali 1 kali dalam seminggu dan terbuka untuk umum. Selain itu Pudak Petak juga mulai merambah dunia tari kontemporer. Dengan diadakannya pentas Ngiring Mesolah", diharapkan komunitas ini bisa menjadi wadah untuk berkumpul, berlatih tari Bali dan mengasah kreativitas para koreografer muda untuk terus berkarya.

Masalah yang Diangkat

komunitas ini memiliki permasalahan dalam hal kostum tari. ketidaksediaan kostum tari bali di kota Surakarta menghambat perkembangan komunitas ini. pada kesempatan ini kami ingin meminta bantuan dana untuk pengadaan kostum tari bali sebagai penunjang kegiatan rutin yang akan kami adakan.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

jika kami memiliki kostum tari yang lengkap, kami akan lebih mudah mengadakan atau bahkan mengikuti pentas tari bali di berbagai event. materi tari juga akan lebih beragam karena tidak tergantung pada keterbatasan kostum yang ada. kostum ini adalah hal yang sangat menunjang pertunjukan kami.

Dana Hibah

Rp.100 Juta