Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

521 - Pena Cinta Marsa


Nama Inisiator

MELDA IMANUELA

Bidang Seni

penelitian

Pengalaman

Baru Memulai

Contoh Karya

NASKAH NOVEL FIKSI - PENA CINTA MARSA.pdf

Situs Web

https://www.kompasiana.com/manuela

Media Sosial

meldaimanuela@yahoo.co.id

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Pena Cinta Marsa merupakan kisah kemenjadiannya sebagai perempuan yang dibesarkan dari adat dan tradisi suku Batak Toba dan Pakpak. Dia dibesarkan dengan dengan sikap keras dan otoriter ayahnya yang bernama Tigor Sinaga. Ibunya Paula Nauli Boangmanalu hidup dengan kungkungan tradisi Batak dengan sinamot dengan kekerasan yang diterimanya oleh suaminya. Cerita ini mengangkat pergulatan hati, jati diri sebagai perempuan, perjuangan hidupnya dengan budaya Batak yang patrilineal, lingkungan sekitarnya, agama dan permasalahan hidup yang kompleks sebagai perempuan. Semua kisah hidupnya ditulis dalam buku catatan hariannya (diary). Pena Cinta Marsa membuatnya bangkit dari kelamnya kemenjadiannya sebagai seorang perempuan.

Latar Belakang Proyek

Berangkat dari pengalaman pribadi. Dan dikemas dengan polesan sastra yakni puisi. Perempuan dan mimpinya untuk menjadi perempuan seutuhnya sebagai manusia. Hijrah diri dengan membongkar kultus dan tafsir agama yang sempit yang mengungkung tubuh perempuan. Berangkat dari kesadaran dirinya sebagai perempuan ingin memutus mata rantai subordinasi, marginalisasi, pelabelan, kekerasan dan diskriminasi berbasis gender. Perempuan harus merdeka sebagi manusia. Bahwasannya tubuh adalah otoritas sepenuhnya diri sendiri.

Masalah yang Diangkat

Mimpi seorang Perempuan yang bernama Marsa Sinaga. Pergulatan dirinya menjadi seorang perempuan yang dibesarkan dengan Budaya Batak yang patrilineal. Disamping itu, mamaknya yang mengalami kekerasan secara fisik dan psikis dari ayahnya. Dua lelaki yang dikenal dalam hidupnya adalah ayah dan abangnya yang menimbulkan traumatis terhadap laki-laki. Budaya, agama dan lingkungan sekitarnya membuatnya sadar bahwa harus bangkit dari ketidakberdayaannya untuk bisa hijrah sebagai perempuan yang ingin mengubah hidupnya dan memutus mata rantai subordinasi, marginalisasi, pelabelan, kekerasan dan diskriminasi berbasis gender. Dimasa depan melalui penanya berbalutkan kecintaannya sebagai perempuan tidak akan ada lagi ketimpangan atau ketidakadilan berbasis gender di negaranya Indonesia.

Indikator Sukses

Bisa terbit dan cetak novel dan film pendek "Pena Cinta Marsa"

Lokasi

Jawa Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp.150 Juta

Durasi Proyek

6 bulan