Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

518 - Tenunan TTS


Nama Inisiator

Terafin Adolfina Baun

Bidang Seni

kriya

Pengalaman

5 Tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Sebagai masyarakat kecil, kelompok kami telah memulai telah memulai dengan program pemberdayaan perempuan melalui tenun ikat. Kami bergerakan menghimpun perempuan-perempuan yang memiliki visi dan misi yang sama untuk melestarikan budaya daerah. Kelompok kami mulai dengan beranggotakan 3 orang namun sampai hari ini kami sudah kelompok kami beranggotakan 14 orang. Kami akan melakukan perekrutan tambahan anggota serta mensosialisasikan penting kelompok dan pentingnya melestarikan budaya daerah setelah semua kelompok melakukan aktivitas tenun maka kami akan melakukan pameran tenun untuk turut menyaksikan sebagai langkah awal persiapan pasar untuk kain tenun

Latar Belakang Proyek

Wujud karya perempuan adalah tenun yang secara khusus terimplisit makna bahwa perempuan mampu menciptakan sesuatu. Berangkat dari pemikiran tersebut, maka komitmen kami sebagai kaum perempuan untuk memamerkan dan memasarkan karya yang bukan saja untuk perempuan namun untuk kaum laki-laki juga. Langkah ini merupakan sebuah tindak lanjut merespon opini yang menyatakan bahwa perempuan adalah kaum yang lemah. Maka itu, perempuan harus menyadari bahwa perempuan adalah berada di garda terdepan pembangunan keluarga karena ketika semua harapan hanya digantungkan pada laki-laki maka stigma yang melekat pada kaum perepumpuan tidak akan pernah hilang.

Masalah yang Diangkat

Ekonomi rumah tangga yang semakin hari semakin meningkat memaksa kami sebagai kaum perempuan untuk menunjukan kreatifitas tenun sebagai modal utama dalam peningkatan ekaonomi keluarga. Selain itu kebutuhan masyarakat TTS akan kain tenun yang sangat tinggi belum bisa terpenuhi.

Indikator Sukses

1. Terciptanya kain tenunan yang berkualitas dan mengurangi kecenderungan penggunaan print motif 2. Meningkatkan kreatifitas dan keahlian kaum perempuan dalam mempertahankan warisan tenunan 3. Mempertahankan kualitas dan keaslialian kain tenun 4. Memperkenalkan kain tenunan lokal kepada masyarakat dalam dan luar.

Lokasi

Timor Tengah Selatan

Dana yang Dibutuhkan

Rp.30 Juta

Durasi Proyek

6 bulan