Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Nurul Fitria Hidayati


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

2 tahun

Situs Web

Media Sosial

instagram: @nurulfhidayati dan @studio_95

Proyek


No. Formulir

508

Judul Proyek

Sumatra in sketches; the city of heritage

Lokasi Proyek

Medan/Sumatra Utara dan Palembang/Sumatra Selatan

Deskripsi Proyek

Melakukan travel sketch di lingkungan heritage Kota Medan dan Kota Palembang, sebagai salah satu apresiasi pada warisan peninggalan budaya. Hasil sketsa diharapkan menjadi salahsatu edukasi untuk masyarakat khususnya kaula muda untuk lebih memelihara dan meletarikan heritage yang ada dikota mereka. Meningkatkan apresiasi masyarakat dengan mengadakan workshop sketsa gratis di kawasan heritage kota Medan dan Palembang dengan terget dominan wanita dan anak-anak. Dan hasilnya dipamerkan dan diadakan seminar/presentasi untuk mengenal lebih dalam mengenai sejarah dan kejayaan heritage dijamanya, didalamnya dilakukan diskusi untuk membahas heritage yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal jika dijaga kelestarianya.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Medan dan Palembang merupakan dua kota penuh sejarah di Sumatra. Keberadaanya pun tak lepas dari sejarah Indoesia. Medan yang merupakan kota ketiga terbesar dan menjadi Ibukota Propinsi Sumatra Utara, sedangkan Palembang merupakan kota terbesar kedua di Sumatra setelah Medan yang menjadi Ibukota Provinsi Sumatra Selatan. Kedua kota ini memiliki kekayaan dan keberagaman budaya. Beberapa peninggalan warisan budaya (heritage) dari orang terdahulu masih berdiri menjadi saksi bisu perkembangan dua kota besar ini. Namun faktanya keberadaan heritage di pusat hirup piruk kesibukan kota besar ini masih terabaikan oleh masyarat umum. Kebanyakan orang menganggap heritage hanya sebagai bangunan tua, padahal heritage merupakan warisan budaya yang harus dijaga dan dilesatarikan. Adanya heritage harusnya dapat mengangkatkan pariwisata kota tersebut. Saya sebagai urban sketcher ingin ikut serta mengapresiasi bangunan-bangunan heritage dalam bentuk sketsa/ jurnal dan mengadakan workshop sketsa gratis terutama untuk perempuan dan anak-anak. Workshop ini diharapkan menjadi salah satu motivasi untuk mereka terus berkarya, dan meneruskan mimpi meskipun perempuan ataupun masih anak-anak. Menyingkap kejayaan bangunan-bangunan tersebut dan mempelajari sejarahnya. Yang kemudian hasilnya akan di seminarkan atau dipresentasikan serta dipamerkan untuk kaula muda agar berikutnya meraka dapat lebih mengapresiasi keberadaaan heritage dikotanya.

Masalah yang Diangkat

1. Heritage yang cenderung terbengkalai dikota besar Sumatra, yaitu Medan dan Palembang. 2. Memunculkan bibit seniman perempuan dalam dunia Seni Rupa

Durasi Proyek

4 bulan

Indikator Sukses

1. Tumbuhnya apresiasi masyarakat terutama anak muda untuk meletarikan heritage di Kota medan dan palembang, dengan terhitung banyaknya peserta workshop dari berbagai kalangan terutama perempuan dan anak-anak. 2. Menyelasaikan jurnal “Sumatra in sketches; the city of heritage” serta tergelarnya pameran sebagai wadah eksistensi bibit perupa wanita dan anak-anak, hingga terbentuknya komunitas yang mewadahi kegiatan mereka kedepanya.

Dana Hibah

Rp.60 Juta