Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

493 - Peningkatan Kapasitas Penulisan Bahasa Inggris


Nama Inisiator

Prashasti Wilujeng Putri

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

Serius menari sejak 2010, kemudian performance art sejak 2016

Contoh Karya

Complexity of Adulthood (2017) - Prashasti Wilujeng Putri.png

Situs Web

http://69performance.club/participants/prashastiwilujengputri/

Media Sosial

instagram: prashastiwp

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Proyek ini tidak secara spesifik menyasar suatu kerja yang berdampak langsung dalam waktu dekat, melainkan sebagai sebuah support system untuk kerja-kerja seni budaya ke depannya. Support system berupa kelas Academic English Writing, IELTS Preparation, dan tes IELTS ini menargetkan peningkatan kapasitas dan kapabilitas pekerja seni budaya, khususnya perihal penulisan dan komunikasi lintas bangsa. Pengadaan kelas ini secara khusus menyasar kebutuhan upgrade kemampuan komunikasi Bahasa Inggris dalam hal penulisan dan formalitas tes yang kini semakin dibutuhkan sebagai prasyarat studi lanjut di luar negeri dan penulisan proposal residensi ataupun proyek. Hal ini juga menjadi prasarana untuk distribusi dan diseminasi pemikiran, pengetahuan serta wacana ke ranah global serta sebaliknya untuk merambah bacaan yang tersedia dalam format Bahasa Inggris. Melihat kondisi fluktuatif dalam kerja seni budaya, tak dipungkiri upgrade semacam ini merupakan Pekerjaan Rumah yang individual namun juga adalah skill profesional yang sangat dibutuhkan. Peserta tetap dalam proyek ini terdiri dari 5 orang perempuan yang bergiat di bidang penulisan, riset, film, video, dan performance art namun tidak pula menutup kemungkinan terlibatnya peserta baru, baik lelaki maupun perempuan. Kelas ini akan berlangsung secara bertahap dengan Academic Writng berlangsung selama sekitar tiga bulan, lalu akan dilanjutkan dengan IELTS Preparation dan tesnya selama sekitar 2 bulan.

Latar Belakang Proyek

Dalam hal kerja seni budaya, kemampuan berbahasa Inggris terutama dalam penulisan dan tes formal merupakan prasayarat penting untuk menulis dan menerjemahkan teks akademik Bahasa Inggris yang baik terutama terkait penulisan kuratorial, pembahasan kajian film dan performance, serta terkait literasi teks-teks akademik dalam Bahasa Inggris. Di sisi lain, kondisi fluktuatif namun syarat dengan intensitas kerja dalam ranah budaya kerap kali mendorong kerja-kerja reproduktif untuk meng-upgrade skill, skill ber-Bahasa Inggris di antaranya, menjadi Pekerjaan Rumah yang individual. Namun secara bersamaan, kerja reproduktif ini menyokong kerja produktif sehingga menjadi sebuah kebutuhan profesional pula. Dalam kerangka mengoptimalkan kerja-kerja seni budaya serta meningkatkan ketangkasan literasi dan wacana, pengadaan akses untuk meningkatkan skill ber-Bahasa Inggris ini menjadi sebuah kebutuhan yang penting. Terutama dalam kerangka dimana fluktuasi ekonomi dalam kerja seni budaya mengurangi kemungkinan alokasi bagi pekerja dan pengkarya yang berpenghasilan minim dan membiayai keluarga namun juga membutuhkan upgrade kualitas skill.

Masalah yang Diangkat

Kebutuhan support system untuk meningkatkan kualitas kerja dan karya yang terhambat dengan kondisi ekonomi sebagai pekerja seni budaya dengan penghasilan minim.

Indikator Sukses

Lima orang pekerja seni budaya perempuan peserta proyek mendapatkan nilai IETLS minimal 7.0 dan menulis esai dalam Bahasa Inggris tentang film, video, atau performance art.

Lokasi

Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.70 Juta

Durasi Proyek

5 bulan