Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Laila Kurniawaty, S.Pd., M.A.


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

penelitian

Pengalaman Berkarya

Sejak 2004

Situs Web

https://lailaexplorer.wordpress.com atau https://ragambelajar.wordpress.com YOUTUBE: https://www.youtube.com/channel/UC7IRmRusRyr0rEN71pRrgtA

Media Sosial

Instagram: lailaexplorer

Proyek


No. Formulir

482

Judul Proyek

Wanita Pembuat Kain Kayu di Sulawesi Tengah

Lokasi Proyek

Kabupaten Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah

Deskripsi Proyek

Untuk melakukan proyek ini, saya akan mengunjungi beberapa desa di Sulawesi Tengah yang masih atau pernah terdapat para wanita pembuat kain dari kayu, terutama mereka yang berada di Kabupaten Sigi dan Donggala. Jika dalam perjalanan nantinya masih ada perempuan lain di kabupaten lain di Sulawesi tengah yang melakukan hal serupa dan waktu yang saya ajukan masih mencukupi, saya akan melakukan perjalanan ke tempat itu juga. Untuk keakuratan dan informasi yang lebih mendetail, saya akan tinggal bersama mereka beberapa saat khususnya saat mereka mulai proses pembuatan kain dan merekam segala hal yang berhubungan dengan kegiatan pembuatan kain dari kayu tersebut. Tidak hanya itu saja, kegiatan lain yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari mereka juga akan tercatat dan terekam dalam perjalanan saya.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Proyek ini tergagas karena beberapa tahun silam saya pernah melihat kain dari kayu. Ingatan itu kemudian muncul kembali saat beberapa bulan lalu saya bercerita dengan seorang pengrajin meja dari akar yang hanyut tentang proses pembuatan meja tersebut dan sampailah pada bercerita tentang para pengrajin di daerah sekitar desanya. Ternyata kain dari kayu yang pernah saya lihat beberapa tahun silam, pembuatnya masih ada dan kegiatan pembuatan kain dari kayu tersebut masih ada di zaman yang serba modern ini. Dari informasi tersebut, saya kemudian mencari informasi tentang para pembuatnya yang ternyata mereka adalah para wanita yang sudah berusia lanjut. Beberapa yang dahulunya membuat kain dari kayu sudah tidak lagi melakukan kegiatan itu. Saya pikir hal ini jangan sampai hilang tak berbekas dari suatu masyarakat karena itu berarti akan hilang satu akar budaya masyarakat itu. Oleh karena itu, perjalanan ini sangat penting untuk dilakukan untuk dapat mendokumentasikan para perempuan berproses dan semoga dengan adanya perjalanan ini perempuan yang masih mudah akan tergerak hatinya untuk tetap melestarikan akar budaya yang hampir punah ini.

Masalah yang Diangkat

Bagaimana proses pembuatan kain dari kayu yang dilakukan oleh para wanita pembuat kain kulit kayu di Kabupaten Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah. Apakah mereka masih membuat pakaian dari kulit kayu yang mereka buat? Bagaimana menurut anak-anak atau para perempuan yang masih muda tentang pembuatan kain dari kayu? Ke mana mereka memasarkan kain/pakaian dari kayu itu? Hal yang berhubungan dengan etnolinguistik juga akan digambarkan di sini secara mendetail.

Durasi Proyek

5 bulan

Indikator Sukses

Jika sudah terekam minimal 2 wanita pembuat kain dari kayu dalam bentuk catatan perjalanan (laporan) dan rekaman dalam bentuk video yang menggambarkan kegiatan para wanita pembuat kain dari kayu di Kabupaten Sigi dan Donggala.

Dana Hibah

Rp.184 Juta