Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

470 - Pakem Rias Pengantin Adat Jawa Yogyakarta


Nama Inisiator

fairus tahta alfina

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

3 tahun

Contoh Karya

jawa.jpg

Situs Web

-

Media Sosial

ig: @fay.makeupgalley (https://www.instagram.com/fay.makeupgallery/?hl=id)

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Sebuah penelitian mengenai "pakem" ( keaslian atau ketetapan) mengenai riasan pengantin jawa Yogyakarta beserta tradisi dan ritualnya, yang akan kami riset dengan mewancarai narasumber tokoh-tokoh budaya pengantin adat jawa Yogyakarta di Yogyakarta, khususnya budayawan kraton dan perias-perias pengantin adat jawa sepuh (perias pengantin jawa senior). Yang akan kami wujudkan dalam bentuk film dokumenter, berkolaborasi dengan seorang pembuat film. Agar nantinya dapat di pertontonkan kepada khalayak, khususnya perias-perias pengantin baru.

Latar Belakang Proyek

Perkembangan dunia tata rias atau makeup saat ini sangat marak dan bahkan menjadi trending topik, banyak kaum perempuan bahkan kaum laki-laki tertarik menggeluti kesenian dibidang tata rias. Para konsumen pengguna jasa makeup/tata rias pun sekarang ini lebih selektif dalam memilih seorang perias. Para pendatang baru dalam dunia tata rias dan konsumen sekarang ini lebih cenderung berselera terhadap makeup/ tata rias modern, dengan alasan lebih cantik di wajah. Dampaknya, riasan pengantin adat menjadi tergeser keasliannya karena mereka lebih senang menggunakan tehnik rias pengantin adat dengan modifikasi, tidak dengan pakem. Dikhawatirkan adat budaya asli beserta filosofi mengenai tata rias, dan tradisi dari nenek moyang tergeser keasliannya, hingga lama kelamaan hilang. selain itu, banyak dikiketahui para perias pengantin adat modifikasi tidak mengetahui tradisi dan filosofi asli pengantin jawa. makadari itu, saya ingin melakukan pengkajian atau penelitian mengenai pakem pengantin jawa khususnya Yogyakarta.

Masalah yang Diangkat

Pengetahuan dan penjagaan keaslian budaya mengenai tata rias dan tradisi pengantin adat jawa Yogyakarta. Yang diwujudkan dalam sebuah film dokumenter agar dapat dipahami dan diterima oleh khalayak luas, khususnya masyarakat adat jawa tengah dan perias-perias pengantin adat jawa.

Indikator Sukses

meningkatnya pengetahuan serta kesadaran perias pengantin adat jawa dan pasangan pengantin yang memilih menggunakan pernikahan adat itu sendiri, untuk lebih memahami maksud dan tujuan warisan leluhur dengan tetap menjaga adat budaya sesuai keasliannya, dengan menjalankannya dengan baik dan benar. minimal, adanya data riset,sebagai bentuk penjagaan warisan adat budaya pengantin jawa asli.

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.35 Juta

Durasi Proyek

9 bulan