Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

468 - Batang Tarandam Nagari Padang Alai


Nama Inisiator

Utari Irenza

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

Berkesenian selama 6 tahun. Seni Tari dan Perkusi

Contoh Karya

IMG-20171120-WA0031.jpg

Situs Web

-

Media Sosial

FB: Utari Irenza. IG: utarimengno.

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Proyek ini berusaha membuka peluang bagi perempuan di desa Padang Alai untuk berkesenian demi melestarikan kebudayaan. Proses ini akan memberikan sarana bagi perempuan yang tidak bisa ikut berkesenian karena kegiatan kesenian di desa tersebut dilaksanakan hanya pada malam hari. Proyek ini secara keseluruhan akan menjalankan riset untuk mengetahui waktu yang efektif bagi perempuan dalam berkesenian, potensi kesenian apa yang rentan hilang, kemudian dilanjutkan dengan mengadakan workshop secara berkala 2x dalam seminggu dalam kurun waktu 3 bulan. Sehingga diharapkan dengan begitu masyarakat bisa tetap menjaga dan aktif berkesenian tanpa harus meninggalkan kewajiban sebagai perempuan, ibu, dan istri.

Latar Belakang Proyek

Banyak kesenian tradisi yang terdapat di kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan-kegiatan tersebut diikuti hanya oleh laki-laki karena waktunya pada malam hari sedangkan siang hari para penduduk akan sibuk untuk bekerja. Sangat tabu bagi perempuan untuk keluar pada malam hari sehingga kaum perempuan yang ingin berkesenian tidak bisa ikut berkarya, khususnya kesenian tradisi yang ada di daerah tersebut. Hal lainnya ialah bahwa kegiatan kesenian tradisi tersebut semakin lama semakin tidak ada peminat, kaum muda tidak tertarik dengan kesenian lagi, dan anggapan kesenian tidak akan bisa mendatangkan materi seperti uang membuat kesenian di Padang Alai semakin di tinggalkan.

Masalah yang Diangkat

Masalah yang terdapat dalam hal ini adalah, tidak adanya peluang bagi kaum perempuan untuk mengikuti kesenian tradisi di daerah tersebut dikarenakan tidak adanya wadah sarana atau prasarana untuk kaum perempuan mengenai kesenian yang ada serta menghilangnya secara perlahan kesenian tersebut.

Indikator Sukses

Indikator sukses dalam proyek ini dapat dikatakan sukses jika terjadi nya hal-hal berikut ini: a. Terjadinya penyuluhan berupa workshop di desa Padang Alai b. Terlaksananya kegiatan kesenian rutin di desa Padang Alai yang dibina oleh anak nagari Padang Alai

Lokasi

Sumatra Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp.45 Juta

Durasi Proyek

6 bulan