Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

ROSALIA WITRI ASTUTI


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

Sejak Tahun 2007-2015 8 Tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

463

Judul Proyek

Sendratari Perjuangan Wanita (Rara Pembayun)

Lokasi Proyek

DI Yogyakarta Kabupaten Bantul

Deskripsi Proyek

Pementasan Sendratari (Seni Drama dan Tari) Perjuangan Wanita ( Rara Pembayun ), dilaksanakan para pekerja seni remaja, melalui tahapan berlatih, gladhi bersih, dan pentas. sedangkan lakon yang dipentaskan adalah Perjuangan Wanita, putri Kerajaan Mataram yang bernama Rara Pembayun, sanggup menjadi “tledhek”, pekerja seni yang dianggap rendah dan hina untuk menakhlukkan musuh kerajaan mataram yakni Ki Ageng Mangir Wonoboyo, dan berhasil menakhlukkannya.

Kategori

lintasgenerasi

Latar Belakang Proyek

Salah satu seni pertunjukkan, sekarang jarang sekali dipentaskan adalah sendratari (seni drama dan tari). Padahal sendratari ini bernilai seni tinggi. Keindahan tarian para peraga sangat menarik pemirsa. Alur cerita yang didendangkan melalui tembang macapat sangat bernilai seni tinggi, namun mudah dipahami. Pentas sendratari ini mengambil lakon “Perjuangan Wanita”, yakni Rara Pembayun putri raja Mataram yang mendapat tugas menaklukkan musuh kerajaan Mataram yakni Ki Ageng Mangir Wonoboyo, yang begitu sakti, menggunakan laku sandi (menyamar secara rahasia), Rara Pembayun berperan sebagai pekerja seni “tledhek” yang dianggap rendah dan hina, namun dijalaninya demi Kerajaan Mataram. Akhirnya melalui laku sandi sebagai tledhek, Rara Pembayun berhasil menundukkan Ki Ageng Mangir Wonoboyo. Dengan demikian kerajaan Mataram menjadi aman dan tenteram berkat perjuangan wanita, Rara Pembayun, Putri seorang Raja, walaupun harus dijalaninya sebagai seorang pekerja seni tledhek, yang diaggap rendah dan hina.

Masalah yang Diangkat

Bagaimana para pekerja seni remaja untuk mementaskan Sendratari (seni drama dan tari) yang mengangkat cerita “Perjuangan Wanita” (Rara Pembayun) untuk menaklukkan musuh kerajaan Mataram yakni Ki Ageng Mangir Wonoboyo yang sangat sakti.

Durasi Proyek

8 bulan

Indikator Sukses

proyek ini sukses dengan indikator sebagai berikut : 1) Banyak para seniman remaja yang terlibat ikut berperan. 2) Banyaknya penonton yang menyaksikan pentas pertunjukkan Sendratari. 3) masyarakat tertarik untuk melestarikan pertunjukkan sendratari.

Dana Hibah

Rp.425 Juta