Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

454 - Keragaman dan Ekspresi Kreativitas Perempuan ISI Yogyakarta


Nama Inisiator

Hety Nurani Handaruwiyah

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

20 tahun

Contoh Karya

IMG-20180220-WA0009.jpg

Situs Web

Media Sosial

FB : Hety Nurani

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Proyek ini bertujuan memberikan sebuah ruang bagi seniman perempuan yang tidak memiliki studio, dan memiliki keterbatasan fasilitas dalam berkarya. Ruang berkarya ini bertujuan memajukan perempuan dengan segala keterbatasan untuk maju mengungkapkan ide-ide nya baik yang timbul dari budaya tradisional, modern dan futuristik. Ruang bersama ini memiliki fungsi studio bersama, ruang serba guna yang dapat difungsikan sebagai untuk ruang pameran, ruang berdiskusi dan juga untuk ruang berbagi pengetahuan. Dilengkapi dengan fasilitas penunjang, seperti peralatan berkarya, akses internet serta ITC. Dan juga ada tempat residensial, ruang perpustakaan dan tempat penyimpanan sementara karya-karya. Ada berbagai kegiatan, pertukaran perupa perempuan dari daerah lain, pelatihan enterpreneurship, diskusi dll. Dari seni rupa yang meliputi seni murni, desain,dan kriya.

Latar Belakang Proyek

Proyek ini dipelopori oleh para perempuan yang merupakan alumni ISI Yogyakarta dari kampus Gampingan. Kolektifitas ini menginisiasi saling mengingatkan sesama perupa perempuan seni untuk berkarya, saling membantu, memberi suport, menolong yang berkekurangan untuk bangkit berkarya. Saling berbagi untuk mendorong memecahkan kesulitan yang dihadapi, maju bersama, berusaha mencari peluang untuk kebaikan bersama. Meningkatkan ekonomi, waktu yang berguna , hidup untuk mengapdi buat kemajuan bangsa dan negara Indonesia. Mengelola budaya-budaya bangsa dari seluruh Indonesia, menggali dan mengembangkan seni-seni yang sudah ada di tanah air. Mendokumentasi karya dalam bentuk tulisan, catatan, photografi dan flashdisk, dll. Menghargai seni untuk kehidupan yang lebih baik, meningkatkan harkat dan martabat nilai-nilai kemanusian.

Masalah yang Diangkat

Kami perempuan-perempuan dengan segala keterbatasan dan segala kesulitan yang menghadang sedikit banyak ingin berkontribusi dalam mengisi pembangunan dan tidak ingin dipandang sebelah mata. Kami berusaha dengan yakin agar bisa menghasilkan karya-karya yang baik untuk memperbaiki, mengelola, membuat keadaan yang serba tidak baik untuk bisa berubah layak bagi kehidupan bersama. Seni yang diciptakan perempuan, punya nilai tersendiri dan khas bagi kehidupan, demi mencintai hidup, bertahan hidup, dan mengungkapkan perasaannya, eksistensi, pikiran, luapan emosi dan segala kebaikan yang dimilikinya. Dengan segala kelembutan sifatnya, ketulusan hatinya, kehalusan perasaannya, dan harapan-harapan yang tidak bisa terwakilkan siapapun selain dirinya sendiri. Patutlah untuk dihargai juga diberi peluang selebar-lebarnya, dipuji, dinikmati dan dilestarikan.

Indikator Sukses

- Menciptakan sebuah ruang yang dapat diakses secara bebas dan bertanggung-jawab oleh para perupa perempuan - Menciptakan sebuah lingkungan yang kondusif dan aman bagi para perupa perempuan untuk berkarya - Menciptakan inisiasi berbagai kegiatan perupa perempuan, sehingga dapat menjadi aktif dalam berpikir dan berkarya - Tercipta kolaborasi antar perupa perempuan dari berbagai interdisipliner untuk membuka kemungkinan kreatifitas baru - Ruang bersama ini dapat berdiri secara mandiri dan berkesinambungan

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.300 Juta

Durasi Proyek

9 bulan