Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

440 - Layar Estri (Layar Putar Alternatif Film Perempuan)


Nama Inisiator

Reni Apriliana

Bidang Seni

audiovisual

Pengalaman

5 Tahun

Contoh Karya

Poster TSC.pdf

Situs Web

https://reni-apriliana.blogspot.co.id/

Media Sosial

@renialn

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Bioskop keliling sebagai salah satu media alternatif pemutaran film yang ditujukan untuk warga kampung. Sebagai upaya mengenalkan isu atau fenomena-fenomena yang terjadi di kalangan perempuan melalui medium film.

Latar Belakang Proyek

Perempuan seringkali menjadi objek di lingkup keluarga maupun masyakat. Banyaknya kasus pelecehan, kekerasan, dan intimidasi terhadap perempuan menjadi permasalahan yang harus lebih diperhatikan. Banyaknya persoalan, membuat isu ini selalu menarik untuk dibahas. Oleh sebab itu isu perempuan juga kerap diangkat menjadi ide/tema pembuatan karya, terutama film. Beberapa perempuan sudah mulai menyuarakan kasus atau isu-isu perempuan melalu medium film. Film menjadi salah satu media paling efektif untuk menyampaikan pesan. Namun, film seringkali menjadi tontonan bagi masyarakat kelas atas, kurangnya ruang alternatif pemutaran film di kalangan masyarakat menengah ke bawah menjadikan film dengan isu perempuan kerap tidak tersampaikan.

Masalah yang Diangkat

Kurangnya edukasi dan tontonan tentang isu perempuan menjadikan minimnya pemahaman masyarakat mengenai kekerasan, pelecahan, dan intimidasi yang dialami oleh perempuan. Oleh sebab itu, bioskop keliling ini hadir di tengah masyarakat untuk memberikan tontonan alternatif seputar film yang mengangkat isu perempuan.

Indikator Sukses

Terlaksananya kegiatan bioskop keliling sebagai media tontonan alternatif untuk masyarakat menengah ke bawah, serta memberikan edukasi melalui media film tentang tontonan bertemakan isu perempuan.

Lokasi

Surakarta, Jawa Tengah

Dana yang Dibutuhkan

Rp.10 Juta

Durasi Proyek

2 bulan