Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

439 - Solo Exhibition Karina Rizkyta


Nama Inisiator

KARINA RIZKYTA AMALIA NUR FITRIANI

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

5 tahun

Contoh Karya

karina rizkyta 17012029 I.jpg

Situs Web

https://karinaranf.wixsite.com/karina

Media Sosial

instagram.com/karinaranf

Kategori Proyek

perjalanan

Deskripsi Proyek

Saya memiliki pengalaman yang saya yakin dialami oleh banyak orang diluar sana, yaitu kelainan makan dan obsesi terhadap body-image. Gagasan berpikir saya akan tuangkan ke dalam beberapa lukisan. Seni rupa bagi saya adalah media berkomunikasi dengan orang lain. Oleh karena itu, saya bermaksud untuk meyelenggarakan pameran tunggal seni lukis yang karya-karyanya menggambarkan hubungan saya dengan makanan/body-image. saya yakin permasalahan body image tidak hanya menjadi permasalahan wanita saja tapi juga para pria. Oleh karena itu saya harus bisa mempersiapkan karya setidaknya 9/11 bulan untuk kemudian dipamerkan secara tunggal di galeri ternama. Harapan saya adalah edwin's gallery di Jakarta.

Latar Belakang Proyek

Pameran tunggal memang sudah menjadi impian saya dari semenjak masih di bangku kuliah. kini setelah 2 tahun lulus, disaat yang sama ketika saya masih terus belajar mengenai teknik melukis, saya akan menyelenggarakan pameran tunggal seni lukis. selain sebagai media ekspresi, seni lukis juga menjadi media komunikasi antara saya dengan audiens. saya ingin menyampaikan berbagai gagasan dan pemikiran melalui visual estetis untuk pada akhirnya membuat orang lain (audiens) dapat merasakan atau mengerti apa yang saya pikirkan, atau mungkin audiens dapat mengaitkannya dengan pengalaman mereka masing-masing.

Masalah yang Diangkat

Karya seni lukis yang akan saya buat menganut tema besar yaitu permasalahan eating disorder dan body image. Saya akan membuat beberapa karya cat minyak di atas kanvas. Seumur hidup saya selalu bermasalah dengan makanan, bullying dan body image. Saya yakin permasalahan ini masih ada hingga saat ini, meskipun saya sudah tidak begitu sering mengalaminya, namun kita dapat menemui berbagai macam bentuk body-shaming baik itu di dunia nyata maupun di dunia maya. bagian yang menyedihkan adalah bagaimana omongan orang lain dapat membuat seorang wanita ataupun laki-laki merasa tidak nyaman, tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya sendiri, membuat mereka tidak mencintai dirinya sendiri. perjalanan mencintai diri sendiri ini lah yang menurut saya penting untuk disampaikan dalam bentuk lukisan cat minyak di atas kanvas.

Indikator Sukses

Indikator sukses saya adalah ketika karya-karya saya dapat membuat orang lain merasakan dan membangkitkan rasa kemanusiaan.

Lokasi

DKI Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.40 Juta

Durasi Proyek

9 bulan