Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

433 - LARASATI SPACE


Nama Inisiator

Helvana Dewi Yulian

Bidang Seni

audiovisual

Pengalaman

6 tahun

Contoh Karya

Poster Film.jpg

Situs Web

https://helvana.blogspot.co.id/

Media Sosial

@helvana14

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Ruang alternatif khusus perempuan untuk berkumpul, berkarya, berdiskusi, dan membangun relasi yang berfokus pada kajian seputar isu perempuan.

Latar Belakang Proyek

Sudah menjadi hal yang wajar saat perempuan mulai menapaki jenjang yang setara dengan laki-laki dalam berkarya. Dalam era yang serba mudah, perempuan semakin leluasa melakukan banyak hal yang diingkan. Namun, banyak perempuan memiliki keinginan tapi belum mendapatkan dorongan untuk memulai. Tempat berkumpul menjadi salah satu hal penting untuk mulai berkarya. Dengan adanya ruang berkumpul yang diinisiasi perempuan, menjadi salah satu dukungan untuk memberikan ruang gerak lebih ekspresif bagi para perempuan untuk berkarya. Hal ini di tunjukkan pada permasalahan yang ada di Kota Surakarta. Berbagai komunitas dan penggagas ide kreatif terkesan berjalan sendiri-sendiri, membuat kota ini belum memiliki siklus sharing secara konsisten. Tiba-tiba nampak kemudian hilang. Dari permasalahan tersebut, muncul gagasan untuk membuat ruang alternatif yang diinisiasi oleh sekelompok perempuan sebagai upaya berkumpul, berkarya, berdiskusi, dan membangun relasi yang berfokus pada kajian seputar isu perempuan.

Masalah yang Diangkat

Kondisi perempuan yang tertutup dan enggan untuk menunjukkan diri, membuatnya hanya berani berbagi cerita dalam lingkup yang mereka anggap zona aman dan nyaman. Hanya segelintir perempuan yang berani berbicara dan menunjukan dirinya. Penulis sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kota Surakarta pun juga merasakan hal demikian. Namun saat ini penulis telah mencoba membuat sebuah kelompok beranggotakan perempuan yang khusus berdiskusi tentang isu-isu perempuan, dan memiliki keinginan mendorong perempuan lain untuk turut serta peduli terhadap isu terkait, serta berani menyuarakan keinginan berekspresi. Kondisi tersebut mendorong projek ini untuk membuat ruang alternatif kebebeasan berkarya dari, untuk, dan oleh perempuan.

Indikator Sukses

Terwujudanya ruang alternatif untuk berkumpul, berkarya, berdiskusi, dan membangun relasi yang berfokus pada kajian seputar isu perempuan. Terciptanya siklus diskusi yang konsisten dengan kajian tentang isu perempuan. Mengajak lebih banyak perempuan untuk lebih berani berekspresi dari terciptnya ruang alternatif tersebut.

Lokasi

Surakarta, Jawa Tengah

Dana yang Dibutuhkan

Rp.50 Juta

Durasi Proyek

9 bulan