Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Maria Kanada Siahaan


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

9 tahun

Contoh Karya

Situs Web

HYPERLINK "https://m.youtube.com/watch?v=KtqHAtiEbP0" https://m.youtube.com/watch?v=KtqHAtiEbP0

Media Sosial

HYPERLINK "https://m.youtube.com/watch?v=-uL_4xOfZuQ" https://m.youtube.com/watch?v=-uL_4xOfZuQ

Proyek


No. Formulir

404

Judul Proyek

Pengembangan Seni Tari Tradisional dan Moderen

Lokasi Proyek

Desa Nobi-nobi,Kecamatan Amanuban Tengah,Kabupaten Timor Tengah Selatan,NTT

Deskripsi Proyek

Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Tari-Tarian merupakan salah satu Tradisi Seni Budaya yang digemari masyarakat. Tarian biasanya dilakukan dengan berpakaian adat lengkap dengan diiringi alat musik tradisional untuk memeriahkan acara kenegaraan, kegiatan keagamaan kegiatan adat, bahkan penyambutan /pelepasan Tamu penting. Mengimbangi masuknya pengaruh budaya asing terhadap tradisi khususnya tari-tarian di TTS, maka sebagai kaum perempuan kami telah membentuk satu komunitas Tarian Modern. Tarian modern ini adalah pelayanan dalam bentuk hiburan tarian di atas pentas dengan tujuan membantu memeriahkan acara kenegaraan, kegiatan keagamaan, pesta adat,bahkan penyambutaan /pelepasan tamu penting, dan kegiatan lain. Tercapainya kegiatan tarian modern didasari pada 4 (empat) tahapan yaitu: Mengumpulkan personel tari, perempuan Melatih personel untuk melakukan olah gerak tubuh Menyediakan kostum-kostum tari Tampil (performa) pada acara-acara dimana kita diundang dan untuk ke depan membuat pentas seni semacam festival budaya timor serta memeriahkan acara-acara kenegaraan maupun acara keagamaan serta acara lainnya yang berhubungan dengan tarian. Hal-hal yang sangat berpengaruh saat tampil di pentas adalah Kesesuaian gerak tubuh dengan irama/sound pengiring Desain kostum Latar arena pentas, seperti lighting, dekorasi dan sound pengiring Dari uraian diatas , kami kaum perempuan ingin tampil dan mengembangkan suatu komunitas tari sebagai paduan budaya tradisional dalam seni Tarian Modern.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini khususnya teknologi digital sangat berpengaruh pada seni dan budaya di Nusa tenggara Timur (NTT) khususnya di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Masuknya budaya asing seperti modern dance dan tarian lain yang tidak bisa dibendung sedikit demi sedikit menggeser budaya asli daerah. Hal ini juga berdampak rendahnya minat masyarakat terhadap tarian daerah yang melambangkan ciri khas dan budaya daerah Timor Tengah Selatan (TTS). Sebagai upaya membendung hal tersebut di atas, kami telah membentuk Komunitas tari modern.

Masalah yang Diangkat

Dengan masuknya budaya asing dikhawatirkan masyarakat lebih mencintai budaya luar dari budaya daerah. Dan juga hilangnya kain motif daerah yang biasanya nampak pada acara tertentu. Oleh karena itu Komunitas Tari Modern hadir sebagai media dan sarana hiburan seni tari secara modern dengan salah satu tujuan untuk mempertahankan, melestarikan sekaligus sebagai media dan sarana promosi budaya daerah .

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

1.Memberi kesempatan pada kaum perempuan untuk berekspresi lewat tarian 2.Terlaksananya gerak dan olah tubuh 3.Terciptanya gerak tubuh yang serentak, indah dan teratur 4.Lahirnya pribadi yang sadar seni dan menguasai gerakan seni tarian modern Terlaksananya usaha pelestarian budaya Memberi kesempatan pada kaum perempuan untuk berekspresi lewat tarian Terlaksananya gerak dan olah tubuh Terciptanya gerak tubuh yang serentak, indah dan teratur Lahirnya pribadi yang sadar seni dan menguasai gerakan seni tarian modern Terlaksananya usaha pelestarian budaya khususnya motif daerah 5.Tersalurnya bakat serta hobby yang ada khususnya motif daerah 6.Tersalurnya bakat serta hobby yang ada

Dana Hibah

Rp.90 Juta