Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

384 - "Let's turn trash into treasure!"


Nama Inisiator

Meybi Agnesya Lomanledo

Bidang Seni

kriya

Pengalaman

2 tahun

Contoh Karya

pixlr_20171104200626639.jpg

Situs Web

Media Sosial

Instagram : @bibo.ecocraft

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Melalui proyek ini, saya bermaksud untuk membuat suatu ruang berkarya atau komunitas khusus bagi perempuan dan bisa juga perempuan difabel atau disabilitas, yang berada di pedalaman Nusa Tenggara Timur. Di ruang berkarya atau komunitas ini akan merekrut atau menampung semua perempuan - perempuan kreatif (dan juga perempuan disabilitas) untuk membuat suatu karya atau produk daur ulang khas Nusa Tenggara Timur. Sebelum ruangan berkarya atau komunitas ini terbentuk, akan di mulai dengan pelatihan atau workshop sederhana mengenai bagaimana cara membuat produk tersebut dan pelatihan ini akan di adakan di 6 titik strategis (kota Kupang dan sekitaran nya). Dan nanti nya setiap titik lokasi pelatihan ini akan di fasilitasi berupa bahan produksi, dan membangun "rumah kreatifitas" (semen, pasir, dll) , agar setiap perempuan yang ingin berkarya dapat berkumpul di satu titik dan menghasilkan karya-karya kreatifitas nya, serta menjadi pelaku-pelaku UKM yang baru.

Latar Belakang Proyek

Melihat banyak nya sampah yang menumpuk di sekitar saya menjadi ide awal gagasan proyek ini. Saya cukup menguras otak bagaimana cara supaya sampah ini tidak terus menumpuk seperti ini, akhir nya timbul suatu ide untuk membuat suatu produk dari sampah-sampah ini, khusus nya sampah botol bekas.

Masalah yang Diangkat

Kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia di Nusa Tenggara Timur, kota kupang khususnya, menjadi pokok masalah yang ingin saya angkat, karena dari kurang nya ketersediaan lapangan pekerjaan ini, akhir nya banyak perempuan-perempuan NTT yang menjadi TKW ke luar negeri dan semakin memperbanyak jumlah human trafficking yang berasal dari NTT. Dengan proyek ini, di harapkan dapat menciptakan perempuan-perempuan NTT yang mandiri yang dapat menciptakan pekerjaan lapangan sendiri.

Indikator Sukses

Proyek di harapkan akan berhasil 100% karena mengingat beberapa hal penting berikut ini : - masih jarang produk-produk dari sampah seperti ini. - antusias dari beberapa orang yang akan di ikutsertakan dalam proyek ini. - menjadi program unggulan untuk menghasilkan wirausahawan baru khusus nya perempuan.

Lokasi

Nusa Tenggara Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp.120 Juta

Durasi Proyek

6 bulan