Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

380 - Malam Perempuan Singkawang


Nama Inisiator

Priska Yeniriatno

Bidang Seni

kriya

Pengalaman

4tahun

Contoh Karya

IMG_20180301_192156_408.jpg

Situs Web

-

Media Sosial

@Priska_kotesingkawang, @kotesingkawang, fb. Priska Yeniriatno, fb. Galeri Singkawang, fb. Kote Singkawang

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Mengedukasi dan mengajarkan membatik kepada ibu-ibu rumah tangga yang menganggur, perempuan-perempuan bisu tuli yang menganggur dan perempuan-perempuan yang tidak mempunyai pekerjaan tetap untuk mempunyai keahlian membatik sehingga dapat membantu perekonomian keluarga.

Latar Belakang Proyek

Miskinnya hidup masyarakat yang berada disekeliling dikarenakan oleh pendapatan yang tidak memadai bagi perempuan-perempuan yang sudah berumahtangga untuk membantu perekonomian keluarga ditambah lagi kurangnya kesempatan pekerjaan yang diberikan kepada perempuan yang berkebutuhan khusus seperti misalnya bisu tuli untuk memperoleh pendapatan yang layak. Bertemu dengan mereka yang giat membantu perekonomian keluarga dengan bekerja memanen kacang panjang dan mencabut kacang tanah dikebun orang dengan upah harian 30ribu rupiah perhari menggerakan hati saya untuk mengajarkan mereka membatik dengan modal seadanya dan disela waktu kosong mereka dan mereka sangat bersemangat sekali.

Masalah yang Diangkat

Dengan adanya hibah yang diperoleh dapat digunakan untuk meningkatkan keahlian membatik mereka yang sudah saya bina selama ini untuk tetap bisa produksi dengan lebih baik dan menambah semangat mereka dalam terus berproduksi karena bertambahnya alat yang lebih memadai karena selama ini hanya saya pinjamkan seadanya. Kemudian terbukanya peluang yang lebih besar untuk meningkatkan atau membantu perekonomian keluarga dengan adanya pengembangan kota pariwisata Singkawang dan menjadi tujuan utama wisatawan. Ditambah lagi sudah adanya galeri untuk pemasaran dan tempat pusat oleh-oleh yang bekerja sama dengan galeri yang akan memasarkan batik tulis khas Singkawang termasuk dengan Galeri Dekranasda yang didukung oleh pemerintahan Kota Singkawang.

Indikator Sukses

Mereka mampu memproduksi kain utuh yang berkualitas dan mempunyai nilai jual kemudian kami bisa membuat pameran karya pertama Malam Perempuan Singkawang untuk memperkenalkan bahwa Batik Singkawang juga dapat menjadi pusat perhatian para pengkoleksi dan penggemar-penggemar batik dimana pun berada.

Lokasi

Kota Singkawang

Dana yang Dibutuhkan

Rp.90 Juta

Durasi Proyek

4 bulan