Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

363 - Pelatihan kuliner "gaplek" wanita miskin pedesaan


Nama Inisiator

KURUNA SUJATI PITAYA NIAWATI,S.Pd.,M.Pd

Bidang Seni

kuliner

Pengalaman

baru mulai

Contoh Karya

IMG-20160626-WA0027.jpg

Situs Web

Media Sosial

facebook

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Untuk mengadakan Pelatihan Wirausaha Kuliner Gaplek Wanita Miskin, untuk pengentasan kemiskinan dari jeratan rentenir

Latar Belakang Proyek

Pada saat ini pariwisata di Gunungkidul mulai berkembang pesat . Para wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul perlu semacam cindera mata berupa oleh-oleh khas Gunungkidul. Salah satunya kuliner berbahan baku "gaplek". Pelatihan ini dikandung maksud agar kita lebih mencintai kuliner nusantara dan memperkenalkan budaya lokal, salah satunya melalui makanan tradisional khas Gunungkidul. Sebagai langkah awal pengentasan kemiskinan perlu adanya upaya wirausaha. Namun wanita miskin pedesaan belum mampu memproduksi dan memasarkan kulinernya sebagai ikon Gunungkidul. Dengan demikian perlu diadakan pelatihan berwirausaha. Diharapkan melalui wirausaha kuliner ini ,wanita miskin di pedesaan dapat terentaskan dari kemiskinan sekaligus terbebas dari jeratan rentenir dan lintah darat.

Masalah yang Diangkat

Permasalahan ekonomi menjadi priorotas utama dalam pengentasan kemiskinan.Dalam kurun waktu kurang dari setahun sebanyak 115 kasus bunuh diri di Gunungkidul disebabkan faktor ekonomi. Untuk itu diperlukan suatu usaha agar angka itu tidak semakin bertambah. Melatih wanita-wanita miskin untuk berwirausaha dengan kuliner khas Gunungkidul berbahan baku gaplek menjadi prioritas kami dengan harapan agar masyarakat pedesaan terutama kaum perempuan mampu menambah penghasilan keluarganya, sehingga keluarganya sejahtera, mampu menyekolahkan anak-anaknya ke tingkatan yang lebih tinggi.

Indikator Sukses

Wanita miskin pedesaan mampu berwirausaha kuliner dengan bahan baku gaplek untuk meningkatkan pendapatan keluarganya sehingga mampu mengentaskan kemiskinan dan terbebas dari rentenir dan jeratan lintah darat

Lokasi

Desa Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul

Dana yang Dibutuhkan

Rp.325 Juta

Durasi Proyek

8 bulan