Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

359 - Motif Tenun Beta Wuna Karya perempuan Muna


Nama Inisiator

Rasiah

Bidang Seni

penelitian

Pengalaman

5 tahun

Contoh Karya

10494674_1080471978648405_5953817711474209200_n.jpg

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Proyek ini berupaya menggali kiprah perempuan Muna dalam menghasilkan Sarung Tenun (Beta Wuna), mengumpulkan pengetahuan mengenai motif tenun Beta Wuna (sarung Muna) karya perempuan Muna, dan memamerkan motif-motif tenun karya perempuan dipublik. Proyek ini juga akan mengumpulkan kisah para perempuan pekerja tenun tersebut mulai dari dukungan keluarga dan masyarakat, mencari inspirasi motif, simbol-simbol motif, dan peluang mereka dalam pemasaran serta masa depan usaha tersebut.

Latar Belakang Proyek

Fenomena batik lokal/daerah (non Jawa) sebagai bagian dari ragam pakaian wajib PNS di Sulawesi Tenggara telah menjadikan produksi kain lokal menjadi meningkat. Tidak bisa dipungkiri bahwa perminataan kain dengan berbagai motif membuka peluang usaha bagi perempuan yang kebanyakan menjadi penenun kain lokal ini. Beta Wuna pun kemudian menjadi sasaran para produsen dan konsumen untuk dijadikan pilihan bahan pakaian sekaligus menjadi lahan bisnis baru yang juga dilakoni oleh perempuan. Hanya saja, bagaimana kiprah perempuan dibalik produksi beta wuna hampir tidak pernah terekspos,. Disamping itu popularitas promosi kain tenun ini diakui jauh dibawah popularitas kain batik jawa atau songket, padahal kualitas kain ini juga tidak berbeda dengan motif yang unik. Olehnya itu, penting kiranya untuk menggali kiprah perempuan Muna dalam menghasilkan Sarung Tenun (Beta Wuna), mengumpulkan pengetahuan mengenai motif tenun Beta Wuna (sarung Muna) karya perempuan Muna, dan memamerkan motif-motif tenun karya perempuan di publik. Proyek ini tidak saja mengangkat kiprah perempuan dalam berkarya tetapi juga mewadahi mereka untuk eksis dan dikenal di masyarakat lokal maupun nasional, bahkan internasional.

Masalah yang Diangkat

Masalah yang akan diangkat dalam proyek ini adalah motif tenun beta wuna (kain sarung Muna) karya perempuan Muna. Masalah ini kemudian dijabarkan dalam hal: (1) kiprah perempuan dalam menghasilkan kain tenun Beta Wuna, (2) pengetahuan mengenai motif tenun, (3) pameran motif tenun karya perempuan Muna.

Indikator Sukses

1. Buku mengenai Kiprah Perempuan dan Kisahnya di balik produksi Motif Beta Wuna 2. Pameran Motif Beta Wuna Karya Perempuan Muna

Lokasi

Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara

Dana yang Dibutuhkan

Rp.200 Juta

Durasi Proyek

4 bulan