Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

Dwi Windarti


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

Pengalaman berkarya 16 tahun mencipta karya pertunjukan, tari kontemporer, teater, dan film tari.

Situs Web

https://www.youtube.com/channel/UCcubFWZ_9QwAdlpmJMd3Kjg

Media Sosial

https://www.instagram.com/windartidance/

Proyek


No. Formulir

350

Judul Proyek

Pengadaan alat produksi video dance

Lokasi Proyek

Surakarta, Jawa tengah

Deskripsi Proyek

Dance film ataupun dance video, adalah sebuah kolaborasi antara seni pertunjukan tari dengan media film. Dapat bersifat naratif, ataupun video dance, video art dance yang lebih ekspresif, suryalis maupun apa saja tergantung konsep dan gagasan yang diinginkan, yang dapat dikerjakan bertahap dan dapat ditayangkan secara reguler di media internet seperti youtube canel misalnya dalam format web series

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Sebagai seniman perempuan dan juga ibu rumah tangga saya mempunyai kendala yang mulai muncul baik kendala teknis maupun non teknis, waktu dan energi untuk berproses dalam dunia seni tidak seperti sebelumnya yang hampir seluruhnya tersalur untuk berekspresi dalam karya seni. Saya, koreografer yang selalu mencoba terus berinovasi dalam setiap karya, berbagai kolaborasi dan percobaan saya kerjakan dari kolaborasi dengan bidang grafis, multimedia, instalasi dan juga film. Dalam keterbatasan yang muncul setelah menikah dan menjadi ibu, saya tidak ingin menyerah pada keterbatasan itu sendiri, selalu mencari celah bagaimana caranya untuk terus dapat berekspresi dalam karya seni dan terus mengembangkan kreatifitas. Munculah beberapa eksplorasi menciptakan dance video dengan alat ala kadarnya, kamera handphone blackbarry, web cam dan windows media maker dari note book ber-fasilitas rendah di rumah. Tentu saja kwalitas gambar juga tidak layak tayang untuk kalayak banyak. Meskipun demikian saya yakin bahwa eksplorasi ini perlu keseriusan dan pengembangan, dengan alat yang lebih memadai. merespon perkembangan teknologi dan media internet maka penciptaan dance video ini menjadi salah satu cara saya untuk masuk ke celah-celah itu. Eksplorasi tari kontemporer ke dalam media film/video akan menjadi media ekspresi baru bagi saya yang akan dapat diapresiasi oleh masyarakat lebih luas, dan mengembangkan kreatifitas serta produktifitas.

Masalah yang Diangkat

Mensiasati dan memanfaatkan kesempitan yang ada yang dimiliki perempuan untuk tetap maju dan berkembang dalam berkarya sebagai media berekspresi dan berkomunikasi dengan mengadakan alat-alat pendukung yang memadai.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

Koreografer perempuan dapat terus mengembangkan ekspresi dan kreatifitasnya melalui karyanya dalam bentuk film tari atau video tari berdurasi pendek yang dapat dikerjakan bertahap dan dapat ditayangkan secara reguler di media internet seperti youtube canel misalnya dalam format web series, dan juga penting akan membuat format lain misalnya dengan durasi yang lebih panjang untuk putaran khusus dan terbatas waktu dan tempat guna membuka dialog, diskusi dan bertukar pengetahuan. Karya-karya yang diciptakan dapat terus ada dan dinikmati oleh seluruh penonton diberbagai belahan dunia tanpa batas waktu dan tempat. Dengan adanya fasilitas yang memadai, produktifitas seniman perempuan akan meningkat dalam berbagai kesempatan dan kendala selama ini.

Dana Hibah

Rp.75 Juta