Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

335 - Mythologia


Nama Inisiator

Victoria Marsiana Tunggono

Bidang Seni

sastra

Pengalaman

mulai menulis serius (novel) tahun 2014

Contoh Karya

Gerbang Nuswantara 26022015 proof akhir 2 [LO]_EDIT.pdf

Situs Web

www.victoriatunggono.com

Media Sosial

@ratuvictoria

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Mythologia adalah brand media populer yang mengakses dan mengemas nilai-nilai dan eksplorasi seni-budaya Nusantara. Proses struktur kerja yang dilakukan adalah penelitian (nilai-nilai yang tersimpan dalam tradisi lisan, naskah kuno, dan benda artifak melalui wawancara dengan para pelestari budaya , studi naskah, serta kunjungan ke daerah), pencatatan (dokumentasi tulisan, foto, dan video), dan diseminasi sebagai produk melalui publikasi print dan online dengan pendekatan (packaging) modern serta media populer (blog, medsos, aplikasi smartphone); juga melalui event seperti seminar/diskusi terbuka dengan mendatangkan narasumber para pakar seperti penari bedoyo, budayawati, dst, pameran karya kolaborasi seniwati, pembacaan dongeng, tur sejarah, dst; objek seni populer yaitu benda pakai seperti merchandise, T-shirt, dll yang dikemas untuk anak muda.

Latar Belakang Proyek

Nusantara bukanlah sekedar gugusan pulau dari Sabang sampai Merauke. Nusantara adalah sebuah kawasan yang terletak di Asia dengan keragaman budaya yang pernah menjadi lokasi bertumbuhnya berbagai seni budaya yang di satu sisi penuh dengan keragaman dan di sisi lain memiliki benang merah yang perlu dipelajari lebih lanjut. Posisi dan peran Nusantara di sini sebagai titik tolak untuk pencarian atau sebagai 'jalan', bukan sebagai acuan akhir. Nusantara adalah sebuah kawasan penelitian. Tujuannya untuk memberi alternatif wawasan tentang kebudayaan dan sejarah Nusantara kepada masyarakat luas, khususnya anak muda baik di dalam maupun negeri.

Masalah yang Diangkat

Di zaman teknologi ini anak muda mudah mengakses dan mengonsumsi segala pemikiran dan produk yang tersedia, khususnya di dunia maya. Sementara itu ada banyak pemikiran dan produk tentang Nusantara yang tersimpan dalam bentuk cerita rakyat, naskah, dan tradisi lisan yang belum bisa diakses oleh anak muda, baik karena masalah media maupun kemasannya. Mythologia menjadi penghubung antara anak milenial dengan pengetahuan tentang Nusantara untuk menjadi dasar pemikiran dan pegangan ketika mereka berhadapan dengan paham dan ideologi di dunia. Sebagai contoh, masyarakat Indonesia selalu menghargai pluralisme dalam menerima kesenian dan budaya luar dengan prinsip keselarasan dan akhirnya menghasilkan produk kebudayaan baru yang indegineous.

Indikator Sukses

Publikasi online dalam bentuk website, medsos (FB, Instagram, endorse blogger/selebriti), aplikasi smartphone yang diukur dalam jumlah follower dan subscriber (target organik 2.000 per platform dalam 9 bulan). Publikasi print dalam bentuk buku ensiklopedi ringan tentang Nusantara untuk remaja. Pengadaan event yaitu kopdar/diskusi terbuka, pameran karya kolaborasi, pembacaan dongeng dan tur sejarah yang diadakan setiap bulan secara bergantian mulai bulan Juli 2018. Kesinambungan proses produksi merchandise seperti T-shirt, tote bag, pin, dll sebagai usaha yang berjalan bersamaan dengan semua event yang direncanakan.

Lokasi

DKI Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.200 Juta

Durasi Proyek

9 bulan