Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

328 - Living with Mental Disoder - Sebuah Karya Fotografi


Nama Inisiator

Erina Sukmawati

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

baru memulai

Contoh Karya

people (1).jpg

Situs Web

yesterdayilove.tumblr.com

Media Sosial

Instagram: @electrazora

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Sebuah proyek pembuatan karya dengan media fotografi untuk menggambarkan apa yang dialami oleh penderita mental disorder. Mental disorder adalah suatu penyakit yang berkaitan dengan psikologis seseorang, tidak terlihat seperti penyakit fisik, tetapi akibat yang ditimbulkan bisa menyerang kesehatan fisik. Mental disorder tidak dapat dilihat mata, sehingga banyak orang yang tidak menyadari kehadirannya, sampai akhirnya semakin parah dan membutuhkan pertolongan segera. Saya yang menyukai fotografi sangat tertarik untuk membuat karya tentang mental disorder, terlebih lagi ssaya pernah mengalaminya sendiri. Karya fotografi ini akan saya rancang berdasarkan pengalaman pribadi, riset dan melihat fakta-fakta yang terjadi. Setelah karya ini dibuat, saya harap orang lain bisa mengubah stigma nya tentang penyakit mental. Bila memungkinkan, apabila karya saya jadi, saya ingin melakukan pameran, sehingga karya saya dapat dinikmati oleh orang lain, sekaligus mengajak untuk berpikir terbuka tentang mental disorder. Dengan berlangsungnya proyek ini, saya harap akan menambah pengalaman serta pengetahuan dalam bidang fotografi sekaligus mewujudkan ide. Selain itu, sebagai perempuan, saya juga ingin mendalami fotografi dan dapat menghasilkan karya dengan media tersebut, yang selama ini dianggap sebagai pekerjaan maskulin, yang notabene penikmat dan pelakunya sebagian besar adalah laki-laki.

Latar Belakang Proyek

Sebagai penderita salah satu gangguan mental, yaitu anxiety disorder (gangguan kecemasan), membuat saya ingin menggambarkan apa yang dirasakan oleh penderita terhadap penyakitnya. Mental disorder selama ini dianggap sebelah mata, tidak dihiraukan, hingga banyaknya terjadi kasus bunuh diri karena gangguan mental. Selain itu, biasanya penderita gangguan mental tidak mau terbuka terhadap penyakitnya, sehingga untuk mencapai kesembuhan akan lebih sulit. Karena selama ini, masyarakat menganggap penderita gangguan mental berarti tidak waras, dan dijauhi, padahal banyak sekali jenis penyakit mental yang mempunyai karakteristik masing-masing. Atas pengalaman pribadi inilah, saya ingin membuat karya fotografi tentang mental disorder, agar orang lain dapat ikut melihat bagaimana yang dirasakan oleh penderita penyakit mental, tanpa menghakimi terlebih dahulu. Kehadiran penyakit mental memang terkadang tidak disadari, tetapi semakin hari itu akan semakin berbahaya.

Masalah yang Diangkat

Mengajak masyarakat menjadi lebih terbuka dan sadar terhadap terhadap kesehatan mental. Gangguan mental (mental disorder) bukanlah sesuatu yang harus ditakuti dan dijauhi, tetapi dicari jalan keluarnya. Selain itu, saya ingin masyarakat, atau setidaknya orang yang melihat karya saya nantinya akan bisa merubah stigma nya tentang gangguan mental. Bila merasa memiliki gangguan mental, alangkah baiknya jika mau terbuka dan bercerita untuk mendapat kesembuhan. Dan apabila kita memiliki saudara atau teman atau siapapun menderita gangguan mental, sebaiknya kita mendukung kesembuhannya, tidak menjauhinya, dan menemani melewatinya.

Indikator Sukses

Dapat menyelesaikan 15 karya fotografi dengan tema keseluruhan tentang mental disoder

Lokasi

Surakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.20 Juta

Durasi Proyek

6 bulan