Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

323 - Rumah Edukasi Warna Alam


Nama Inisiator

Sylvia Eriana Dewi

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

5 tahun

Contoh Karya

eriana dewi batik proposal.pdf

Situs Web

Media Sosial

Instagram : @erianadewibatik

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Rumah Edukasi Warna Alam sebagai sarana untuk mendukung unsur pendidikan dan budaya di Masyarakat

Latar Belakang Proyek

Mengingat belum banyak pemahaman tetang warna alam dan penggunaannya pada textile dan non textile oleh masyarakat, Eriana Dewi Batik mempunyai impian dapat mendirikan rumah edukasi batik warna alam sebagai tempat pembelajaran warna alam untuk masyarakat luas dan pelajar. Rumah edukasi batik warna alam yang terdapat lahan untuk perkebunan indigo, dan tempat proses pembuatan warna indigo sampai menghasilkan pasta warna indigo. Indigovera adalah tanaman sejenis perdu yang menghasilkan warna biru. Pada zaman pendudukan Belanda di Indonesia, tanaman indigovera yang tumbuh di sepanjang Bukit Menoreh dimusnahkan karena dianggap tanaman beracun.Berjalannya waktu, penduduk pribumi mengetahui bahwa tanaman indigo menghasilkan warna biru dan dapat dipergunakan untuk mewarnai kain. Oleh sebagian masyarakat tanaman indigo ini digunakan untuk mewarnai kain batik . Pasta warna indigo mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, marketnya juga bagus, dapat menambah penghasilan masyarakat. Rumah edukasi batik warna alam diharapkan dapat membantu pelajar untuk mengenal dan mempelajari warna alam dan bagaimana mengaplikasikan bahan warna tersebut pada textile dan non textile. Dengan adanya perhatian yang besar pada pelestarian alam dan budaya, rumah edukasi batik warna alam diharapkan dapat menggabungkan keduanya menjadi unsur pendidikan dan budaya di masyarakat.

Masalah yang Diangkat

Kondisi masyarakat yang belum mengenal manfaat dan kegunaan warna alam untuk pengaplikasian pada textile dan non textile Minimnya wadah untuk menampung keingintahuan masyarakat tentang warna alam Warna alam Indigo yang diolah menjadi pasta dan dimanajemen pemasarannya dengan bagus akan lebih memiliki nilai ekonomis yang dapat menunjang perekonomian masyarakat

Indikator Sukses

Dengan adanya Rumah Edukasi Warna Alam yang didalamnya meliputi kebun indigovera, tempat proses produksi pembuatan pasta warna indigo dari tanaman menjadi pasta warna yang siap dipasarkan, dipakai atau siap diaplikasikan ke bahan textile dan non textile. Dan suksesnya mensosialisasikan warna alam ke masyarakat, yang diharapkan akan muncul embrio penemu penemu warna alam baru.

Lokasi

Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Dana yang Dibutuhkan

Rp.500 Juta

Durasi Proyek

9 bulan