Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

317 - HOME WORKERS EXHIBITION (Pameran Perempuan Pekerja Rumahan)


Nama Inisiator

ENDAHING NOOR SURYANTI

Bidang Seni

kriya

Pengalaman

10 TAHUN

Contoh Karya

IMG_0323.JPG

Situs Web

pelanusa.blogspot.com

Media Sosial

IG : pelanusa_ FB : Pelangi Nusantara Community FB : rahmahyanti sugeng budiono

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Pameran yang akan diselenggarakan merupakan pemaran produk kreatif khususnya kriya tekstil buah karya perempuan pekerja rumahan (homewokers) yang tergabung di komunitas pelangi nusantara dan komunitas-komunitas lain yang serupa. Pamaren ini merupakan ajang gelar produk-produk seni kriya tangan yang dihasilkan dari rumah dari tangan-tangan perempuan yang kreatif yang belum pernah ditampilkan di pameran -pameran sebelumnya. Peserta pameran adalah para pekerja atau buruh perempuan yang mempunyai karya, tetapi tidak mempunyai merek sendiri, mereka rela merek diambil oleh sang juragan/pengusaha yang menjadi pemilik usaha. Proyek ini nantinya akan menjadi langkah awal para buruh rumahan untuk langsung berinteraksi dengan para konsumen dan masyarakat lainnya yang menghargai karya-karya mereka.

Latar Belakang Proyek

Berawal dari seringnya berinteraksi dengan para perempuan pekerja rumahan yang sebetulnya mereka juga mempunyai mimpi besar untuk bisa menjadi pelaku usaha mandiri, karena keterbatasan modal dan akses akhirnya menjadikan mereka bertahun-tahun menjadi buruh rumahan. Keadaan ini harus berubah di Indonesia, harus ada ide kecil tapi memberikan kepercayaan diri dari para perempuan pekerja rumahan bahwa mereka bisa meraih mimpi itu dengan pasti. Pameran adalah salah satu media untuk menghantarkan mereka maraih mimpinya, mereka akan bertemu dengan banyak pihak yang akan menghargai karya-karya mereka sehingga mereka bisa hidup dengan layak. Selin itu banyak sekali pameran kain-kain batik, bordir, sulam ditemui dengan harga-harga yang mahal, apakah ini sebanding dengan upah yang diberikan kepada buruh dan pekerjanya ?? masih menjadi pertanyaan besar, pameran ini akan memutus rantai jurang antara buruh dan juragan.

Masalah yang Diangkat

Tidak dihargainya suatu pekerjaan yang bernilai meskipun dikerjakan dirumah, yang sebagian pelakunya adlah perempuan, menjadikan perempuan pekerja rumahan tidak percaya diri, padahal banyak hasil karya yang berkualitas seni tinggi yang sudah dihasilkan tetapi yang menikmati adalah para juragan, pengusaha dan sang pemilik modal. Keberadaan buruh rumahan seakan tenggelam tak berdaya, hasil karya tersebut terkadang dihargai dengan sangat murah. Sudah saatnya para pekerja rumahan bangkit dengan kepala terdongak menunjukkan jati diri bahwa mereka juga berkontribusi kepada ekonomi keluarga , ekonomi desa dan ekonomi bangsa ini.

Indikator Sukses

Terlaksananya pameran yang bisa menampilkan produk-produk para pekerja dan buruh rumahan, menjadi pameran yang diikuti oleh sekitar 200 orang para perempuan pekerja rumahan bidang tekstil yang berasal dari beberapa kota di Jawa Timur, yang dihadiri oleh pengunjung dari berbagai unsur masyarakat mulai pelajar, mahasiswa, pengusaha, unsur pemerintah dan masyarkat umum lainnya. Jumlah pengunjung diperkirakan mencapai 1000 orang dalam pelaksanaan pameran selama 5 hari. Para perempuan pekerja rumahan tersebut bisa menampilkan karya-karya kriya tekstilnya seperti batik, bordir, sulam, perca, tenun, rajut dan lain lain.

Lokasi

KABUPATEN MALANG, JAWA TIMUR

Dana yang Dibutuhkan

Rp.300 Juta

Durasi Proyek

3 bulan