Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

304 - Rumah Belajar Mengajar Kerajinan Tangan


Nama Inisiator

Bayu Ninik Wijayanti

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

2 tahun

Contoh Karya

XiaoYing_Video_1493713076880_HD.mp4

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Proyek yang saya mohon adalah belajar dan mengajar membuat seni kerajinan terutama dibidang menghias hantaran pengantin, parcel, aneka model uang mahar dan cara membuat wadah hantaran pengantin. Dalam Bahasa Jawa di sebut dengan Peningset sedangkan di Kota Palu di sebut dengan Hantaran Belanja.

Latar Belakang Proyek

Ibu saya adalah guru keterampilan di sekolah dasar dan biasa menerima pesanan pembuata hantaran belanjan untuk menambah penghasilan keluarga. Berawal dari situlah saya mulai tertarik untuk belajar menghias bahkan membuat hantaran pengantin. Berhubung saya merupakan seorang ibu rumah tangga dengan 5 orang anak, dan memiliki hobi sejak remaja di bidang seni keterampilan seperti menjahit, memasak, dan membuat berbagai macam keterampilan seperti bungan dari barang bekas dan kain perca. Saya berharap bisa seperti ibu saya yang bisa mendapat penghasilan dengan ketertarikan saya yang lebih terarah pada hantaran belanja, parcel, berbagai model uang mahar serta berbagai wadah dari hantaran pengantin tersebut. Selain itu hal ini juga di latar belakangi oleh perhatian saya kepada ibu rumah tangga dan remaja putri yang tidak mempunyai penghasilan.

Masalah yang Diangkat

Setiap saat akan ada pernikahan maka di butuhkanlah hantaran pengantin, peningset, maskawin atau uang mahar. Di setiap daerah memiliki sebutan yang berbeda untuk hantaran pengantin ini dan memiliki karakternya masing - masing, itulah yang membuat saya tertarik untuk belajar membuat berbagai macam hantaran pengantin beserta wadahnya. Dan setelah saya menguasainya, saya berharap bisa membagi ilmu saya pada orang lain dan berharap bahwa ibu rumah tangga yang berada di sekitar saya dapat menambah penghasilan keluarga juga seperti keinginan saya pada awalnya.

Indikator Sukses

1. Ilmu mengenai dunia hantar belanja yang bertambah melalui kursus yang saya lewati 2. Membagikan ilmu tersebut kepada orang lain, dalam hal ini ibu rumah tangga dan remaja putri yang tertarik pada bidang ini. 3. Melestarikan tradisi hantar belanja 4. Terbukanya lapangan pekerjaan.

Lokasi

Kota Palu Sulawesi Tengah

Dana yang Dibutuhkan

Rp.70 Juta

Durasi Proyek

7 bulan