Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

LOUISA MARTHA RUMBARAR


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

musik

Pengalaman Berkarya

36 TAHUN

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

288

Judul Proyek

PENGEMBANGAN MUSIK DAN LAGU-LAGU DAERAH PAPUA

Lokasi Proyek

BIAK

Deskripsi Proyek

SAYA ADALAH SENIMAN PEREMPUAN PAPUA YANG SUKA MENYANYIKAN LAGU -LAGU PAPUA KHUSUS LAGU-LAGU DAERAH CIPTAAN ALMARHUM SUAMI SAYA SAM KAPISSA. LAGU – LAGU CIPTAANNYA BERCERITA TENTANG CINTA KASIH, KEMANUSIAAN, CINTA DAMAI, PATRIOTISME, KEINDAHAN ALAM DAN LINGKUNGAN HIDUP. TAHUN 1998 SAYA DAN ALMARHUM SUAMI SAYA MEREKAM BEBERAPA LAGU DENGAN ARRANGEMENT MUSIK YANG SEDERHANA DALAM BENTUK AUDIO VISUAL OLEH STASIUN TVRI PAPUA UNTUK PROMOSI HOTEL MARAU BIAK. PADA TAHUN 2009 SAYA MEREKAM LAGI BEBERAPA LAGU UNTUK PROMOSI STASIUN BYAK TV DALAM BENTUK AUDIO VISUAL OLEH TVRI PAPUA DALAM ARRANGEMENT MUSIK YANG SANGAT SEDERHANA. REKAMAN LAGU – LAGU TERSEBUT BUKAN UNTUK DI KOMERSILKAN TAPI HANYA UNTUK KONSUMSI KALANGAN TERBATAS. HARAPAN SAYA MELALUI CIPTA MEDIA EKSPRESI DAPAT MEMBANTU SAYA GUNA PENGEMBANGAN MUSIK DAN LAGU- LAGU DAERAH PAPUA UNTUK DIREKAM DALAM BENTUK AUDIO VISUAL (MP4) KARAOKE DENGAN GARAPAN MUSIK YANG LEBIH LENGKAP DENGAN TIDAK MENINGGALKAN CIRI KHAS PAPUA, SEHINGGA DAPAT DI DENGAR SERTA DINIKMATI OLEH MASYARAKAT PAPUA DAN JUGA SAUDARA – SAUDARA KITA DI LUAR PAPUA DALAM TEKS LAGU PENGERTIAN BAHASA INDONESIA. SELANJUTNYA CIPTA MEDIA EKSPRESI DAPAT MEMBANTU SAYA DALAM MENGURUS HAK CIPTA LAGU-LAGU CIPTAAN DARI ALMARHUM SUAMI SAYA KE KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM REPUBLIK INDONESIA DI JAKARTA.

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

PADA TAHUN 1982 SAYA BESERTA SUAMI MENDIRIKAN SEBUAH SANGGAR SENI DENGAN NAMA SANDIA GROUP. KAMI TELAH BERKARYA DALAM BERBAGAI BIDANG SENI. SANDIA GROUP PADA MASA ITU BANYAK MENGIKUTI EVENT YANG DILAKSANAKAN DI KABUPATEN, SERTA MEWAKILI PROPINSI PAPUA MENGIKUTI FESTIVAL SENI THEATER RAKYAT, MUSIK TRADISIONAL KE TINGKAT NASIONAL DI JAKARTA. SANDIA GROUP TIDAK DAPAT BERJALAN SEBAGAIMANA MESTINYA KARENA KURANGNYA DANA, SEHINGGA SAYA BERSAMA SUAMI LEBIH FOKUS PADA SENI MUSIK DAN LAGU . PADA TAHUN 2000 SUAMI SAYA MENINGGAL DUNIA. ALMARHUM MENINGGALKAN HASIL KARYA CIPTA LAGU YANG BEGITU BANYAK. SAYA MASIH TETAP BERKARYA SEBAGAI SEORANG PENYANYI KHUSUS LAGU POP DAERAH PAPUA KARYA CIPTA ALMARHUM SUAMI SAYA. PADA TAHUN 2016 SAYA TELAH MENGAJUKAN PERMOHONAN HAK CIPTA KEPADA KEMENHUNKAM PUSAT DI JAKARTA. PERMOHONAN TERSEBUT BELUM TEREALISASI HINGGA TAHUN 2018. PERMOHONAN HAK CIPTA TERSEBUT SANGAT PENTING BAGI SAYA UNTUK MELINDUNGI HASIL KARYA CIPTA LAGU DARI ALMARHUM SUAMI SAYA AGAR TIDAK DISALAH GUNAKAN OLEH OKNUM YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB. SAYA INGIN MENGEMBANGKAN HASIL KARYA CIPTA LAGU DAN MUSIK ALMARHUM SUAMI SAYA DALAM BENTUK AUDIO VISUAL YANG AKAN DI KOMERSILKAN . NAMUN KEINGINAN SAYA BELUM TEREALISASI KARENA KENDALA PADA DANA YANG AKAN DIGUNAKAN. HARAPAN SAYA MELALUI CIPTA MEDIA EKSPRESI DAPAT MEMBANTU SAYA DENGAN DANA GUNA MEWUJUDKAN HAL TERSEBUT.

Masalah yang Diangkat

-) HASIL KARYA CIPTA MENDAPAT KESULITAN DALAM KEPENGURUSAN HAK CIPTA. -) KESULITAN DANA UNTUK PENGEMBANGAN MUSIK DAN LAGU-LAGU DAERAH PAPUA.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

LAGU-LAGU CIPTAAN ALMARHUM SUAMI SAYA SAM KAPISSA SUDAH MEMBUMI DI PAPUA .PARA SENIMAN DI LUAR PAPUA SEPERTI TRIO AMBISI DARI SUMATERA UTARA YANG TINNGAL DI JAKARTA DAN MENYANYI SERTA MEREKAM LAGU-LAGU CIPTAAN ALMARHUM SAM KAPISSA DALAM BENTUK AUDIO VISUAL UNTUK DI KOMERSILKAN, SAMA HALNYA JUGA DENGAN GROUP BAND BLACK SWEET,NANAKU GROUP ASAL MALUKU YANG TINGGAL DI JAKARTA, SERTA PARA SENIMAN PAPUA LAINNYA YANG MASIH SENANG MENDENGAR SERTA MENYANYIKAN LAGU- LAGU ALMARHUM, KARENA FANS NYA BEGITU BANYAK DI PAPUA.

Dana Hibah

Rp.250 Juta