Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

Ani Ema Susanti


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

audiovisual

Pengalaman Berkarya

11 tahun, 2017 s.d 2018/sekarang

Situs Web

http://sekolahfilmdokumenter.com/berawal-dari-bikin-film-donor-asi.html

Media Sosial

https://www.facebook.com/NobarDokumenterAniema?lst=1478158280%3A100002266026055%3A1518951048

Proyek


No. Formulir

275

Judul Proyek

Kajian Visual Reyog Putri Ponoragan

Lokasi Proyek

Pulungan, Ponorogo

Deskripsi Proyek

Kajian visual Reyog Putri Ki Onggo Pati untuk tarian Ponoragan. Reyog Putri adalah bagian dari pelebaran Reyog putra Ki Onggo Pati yang usianya sudah mencapai lebih dari 20 tahun. Reyog Putri ini berjalan bertahap mulai dari tahun 2013 – 2016 masih warok saja, seiring dengan pelatihan yang cukup serius akhirnya di tahun 2017 semua pemain reyog putri dilakukan oleh pemain yang kesemuanya perempuan. Akan ada pengujian dari dosen tari dari kampus seni terhadap tarian Ponoragan yang dibawakan oleh penari putri yang berperan sebagai Kelono Sewandono, Bujang Ganong, Jatil, Pembarong, Warok, tim tata musik, tata busana, perlengkapan, dan tim pementasan

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

Gagasan berawal dari saat saya berbincang dengan satu-satunya sesepuh Reyog di Ponorogo yang masih hidup yaitu Mbah Bikan. Beliau sebagai dewan penasehat Reyog Ponorogo merasa bahwa Ponorogo belum memiliki dokumentasi visual secara menyeluruh pertunjukan Reyog Putri khas Pulungan dengan tarian andalan mereka Ponoragan. Oleh karena itu selagi beliau masih hidup ingin sekali membakukannya dan menyimpan arsip film dokumenter tersebut yang berisi keseluruhan tarian selama 45 menit beserta penilaian dari ahli tari.

Masalah yang Diangkat

Dalam Uji dan Penyusunan Pedoman Reyog Ponoragan ini kami akan mengundang beberapa ahli tari dari kampus-kampus seni di Indonesia untuk menilai tarian Reyog pedesaan khas Pulungan yang diberi nama Reyog Ponoragan. Akan menilai mulai dari tarian yang akan dilakonkan oleh Kelono Sewandono, Bujang Ganong, Jatil, Pembarong, Warok, tim tata musik, tata busana, perlengkapan, dan tim pementasan. Yang nantinya akan selalu diputar/ sebagai acuan dan salah satu cara pelestarian Reyog Putri di daerah Pulungan ini khususnya untuk tarian Ponoragan yang asli berasal dari Pulungan.

Durasi Proyek

3 bulan

Indikator Sukses

Kajian visual ini akan dilaporkan secara audio visual berupa film pendek berdurasi 60 menit, dengan 45 menit adalah pertunjukan Reyog Ponoragan secara utuh tanpa dipotong.

Dana Hibah

Rp.152 Juta