Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

272 - Kain Sulam Jembrana


Nama Inisiator

NI WAYAN PENAWATI

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

7 th

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Instagram : vennawati Facebook : venawati

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Budaya tradisi dan seni di Bali merupakan hal yang tak terpisahkan. Hal tersebut mempengaruhi para perempuannya yang berpotensi di berbagai bidang khususnya kerajinan kreatif. Ada sebuah desa kecil di Barat pulau Bali yaitu desa Sangkar Agung Negara Kabupaten Jembrana memiliki komunitas perempuan dengan aktivitas berkesenian menyulam. Benang wol disulam satu persatu membentuk figur wayang dengan fungsi sebagai sarana upacara di daerahnya benda- benda yang dihasilkan berupa,parba ,langse (sejenis korden), taplak dulang, ider- ider (penghias teras) dan lainya.

Latar Belakang Proyek

Komunitas tersebut sebelumnya telah diteliti oleh atropolog Amerika Joseph Fiser dan ditulis pada jurnal seni tetapi sayangnya masih banyak orang belum mengetahuinya. Hal tersebut berdampak pada hasil produksi mereka, banyak perempuan yang pada akhirnya beralih profesi untuk menunjang kebutuhanya. Kegiatan menyulam dilakukan jika hanya ada pesanan. Sehingga perlu adanya regenerasi kembali agar kesenian sulam tidak punah. Kurangnya akses dan informasi yang didapat para penyulam mengenai wayang Bali yang sesuai pakem umunya, karena lokasi sulam Jembrana jauh dari perkembangan seni klasik di Bali yang terletak di Ubud dan Kamasan Klungkung sehingga karya- karya dari sulaman mereka memiliki kekhasan.

Masalah yang Diangkat

Kurangnya apresiasi masyarakat terhadap sulaman. Hasil sulam kini sudah tergantikan dengan sablon, karena lebih ekonomis. Sehingga banyak perempuan penyulam di desa Sangkar Agung Jembrana beralih profesi dan mulai meninggalkan pekerjaan menyulam yang belakangan ini hampir punah.

Indikator Sukses

Projek ini berhasil jika penelitian saya mampu - Mengenalkan kembali kain sulam langka yang hampir punah di Jembrana kepada masyarakat luas di pameran pesta kesenian Bali - Memanfaatkan hasil- hasil karya sulam pada kebutuhan penunjang acara kebudayaan - Menghasilkan buku sulam jembrana - Memberi edukasi kepada perempuan penyulam Jembrana

Lokasi

Bali Desa Sangkar Agung Negara Jembrana

Dana yang Dibutuhkan

Rp.200 Juta

Durasi Proyek

6 bulan