Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

256 - MELESTARIKAN LAGU PENGIRING TARI TRADISIONAL SUMBA TIMUR


Nama Inisiator

STEFANI NDIHA HAMAPATI,S.PD

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

16 tahun

Contoh Karya

Situs Web

https://www.youtube.com/watch?v=cXJdqCHqzHY

Media Sosial

https://www.facebook.com/SanggarOriAngu/

Kategori Proyek

lintasgenerasi

Deskripsi Proyek

Saat ini lagu-lagu pengiring tarian Sumba Timur sudah tidak banyak dinyanyikan lagi. Hal ini disebabkan karena orang-orang yang dapat menyanyikan lagu-lagu tersebut sudah sangat sedikit dan lanjut usia. Oleh karena itu, melalui proyek ini saya ingin merekam dan melatihkan lagu-lagu tersebut kepada anak-anak sejak dini.

Latar Belakang Proyek

Saat ini yang bisa menyanyikan lagu daerah hanya orang-orang tua lanjut usia, sepanjang pengamatan saya, tidak ada generasi muda yang dapat bisa menyanyikan lagu-lagu daerah tersebut. Sebenarnya mereka mempunyai keinginan untuk belajar dan menyanyikan lagu-lagu daerah yang sarat akan makna. Oleh sebab itu saya sebagai guru terpanggil untuk merekam dan melatih generasi muda supaya bisa menyanyikan lagu daerah sehingga tetap lestari.

Masalah yang Diangkat

masalah : 1. semakin sedikitnya orang Sumba yang bisa menyanyikan lagu daerah karena termakan usia 2. tidak adanya usaha untuk mewariskan lagu-lagu daerah tersebut kepada generasi muda 3. tidak ada gerenasi muda yang dapat menyanyikan lagu-lagu daerah

Indikator Sukses

1. tersedia arsip rekaman lagu daerah dalam berupa file video atau audio 2. Menghasilkan minimal 10 anak muda yang bisa menyanyikan lagu daerah.

Lokasi

SUMBA TIMUR

Dana yang Dibutuhkan

Rp.50 Juta

Durasi Proyek

9 bulan