Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

244 - Pembangunan Sanggar Tari dan Pengadaan Kostum Tari


Nama Inisiator

NURBAYA, S.Pd

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

8 tahun

Contoh Karya

DSC00559.JPG

Situs Web

Media Sosial

IG: sanggartarinusantarakaltim

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Membangun sanggar tari sebagai wadah dalam upaya pelestarian budaya daerah di Nusantara khususnya di Kalimantan Timur yang akan digunakan sebagai tempat latihan bagi remaja untuk mendalami pengetahuan tentang budaya/tarian daerah. Dengan demikian pemohon dapat ikut serta dalam pelestarian budaya nusantara dan targetnya dapat dikomersilkan. Sanggar tari akan dibangun di atas rumah tinggal pemohon dengan renovasi menjadi 2 lantai dengan bahan utama kayu dengan ukuran 6x12m (72m2), dinding luar seng dan dinding dalam gypsum dengan salah satu sisi ditempel full cermin. Pengadaan prasarana/perlengkapan tari daerah berupa kostum dan perangkat tari daerah di nusantara yang terdiri dari 5 etnik yaitu Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi Selatan dan Sumatera beserta kreasinya. Pemohon dalam hal ini bercita-cita menyalurkan bakat dan bekal pendidikan seni tari, bermaksud ikut serta dalam pelestarian budaya nusantara sekaligus meningkatkan kualitas hidup pemohon dengan berkarya di bidang seni tari dan peningkatan financial pemohon dan peserta dalam bentuk implementasi dari proses latihan dengan menjalin kerjasama dengan pihak lain seperti hotel, gedung, instansi pemerintahan dan swasta sebagai pengisi acara.

Latar Belakang Proyek

Awalnya pemohon berniat menerapkan dan mengembangkan minat, bakat dan bekal ilmu seni tari dengan mendirikan organisasi sanggar tari dan akhirnya pemohon mengurus penerbitan Akte Pendirian dengan nama sanggar “Sanggar Tari Nusantara Kaltim (STNK)”. Niat ini bertujuan untuk melestarikan budaya daerah nusantara sekaligus menjadi aktivitas pemohon untuk meningkatkan taraf hidup dari segi financial. Namun niat dan rencana pemohon sampai saat ini terhambat dalam pembangunan sanggar karena tidak memiliki dana untuk membangun sanggar tari. Sedangkan sanggar sangat dibutuhkan sebagai wadah dalam latihan bagi peserta sehingga memiliki bakat dalam seni tari yang dapat memberikan pendapatan dari segi financial.

Masalah yang Diangkat

Kendala yang dihadapi pemohon dalam pembuatan sanngar tari adalah tidak adanya dana dalam merealisasikan pembangunan sanggar tari dan pengadaan kostum dan perangkat tari daerah. Jumlah biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan sanggar tari seluas 72 m2 adalah 75 juta rupiah (55 juta rupiah bahan, 20 juta rupiah upah tukang 3 orang). Sedangkan jumlah biaya yang dibutuhkan untuk pengadaan kostum dan peralatan tari untuk 5 etnis ( Kalimantan, Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Sumatera) adalah 65 juta rupiah. Sehingga Total biaya yang dibutuhkan adalah 140 juta rupiah.

Indikator Sukses

Terpenuhinya sarana dan prasarana sanggar tari titik awal keberhasilan dalam mengembangkan dan melestarikan budaya daerah di nusantara. Dan secara berkelanjutan pemohon akan memaksimalkan potensi dan kesempatan yang dimiliki untuk melakukan pembinaan terhadap remaja dan meningkatkan kerjasama sanggar dengan instansi lain dalam pementasan tari daerah maupun kreasinya dan ikut serta dalam lomba tari daerah dan kreasinya baik tingkat local maupun nasional yang akhirnya meningkatkan kualitas hidup pemohon dan peserta dari segi prestasi dan ekonomi/financial sebagai indicator sukses.

Lokasi

KOTA BALIKPAPAN, KALIMANTAN TIMUR

Dana yang Dibutuhkan

Rp.140 Juta

Durasi Proyek

2 bulan