Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

240 - Visualisasi Mikroskopis Tumbuhan kedalam Motif Batik


Nama Inisiator

OKTARINA ISNAINI

Bidang Seni

kriya

Pengalaman

5 Tahun

Contoh Karya

IMG_20171020_131951.jpg

Situs Web

https://oktarina2222.blogspot.co.id/

Media Sosial

https://www.instagram.com/oktarina_dhalem/

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Pencitaan batik dengan proses riset dari sel tumbuhan mikroskopis yang di apalikasikan pada motif batik di kain panjang. Riset yang akan dilakukan yaitu dengan melihat sel – sel tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dengan mikroskop kemudian diolah dan divisualkan kedalam motif yang akan diterapkan pada kain batik. Tumbuhan yang akan menjadi sempel meliputi tumbuhan liar seperti ilalang, putri malu, teratai, carulang dan akan lebih dari 20 jenis tumbuhan liar lainya. Hasil dari riset ini akan mehasilkan karya dari kain motif sempel, motif kombinasi dan bentuk akhir dari karya master piece sehingga dapat diperlihat proses pencitaan pada proyek ini.

Latar Belakang Proyek

Menciptakan motif batik baru yang dapat digunakan dengan lues tanpa menghawatirkan kaitanya dengan motif tradisi yang bersifat sakral merupakan landasan utama dalam project ini. Batik tradisi merupakan warisan budaya adiluhung yang memiliki filosofi begitu dalam pada motif maupun proses penciptaanya. Benar adanya bahwa sudah tidak ada larangan ataupun aturan dalam pemakaian dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi perkembangan teknologi dan globalisasi menyebabkan penggunaan batik ataupun motif terkesan sembrono. Seperti halnya hanya penerapan berbagai-macam motif tradisi kedalam benda seperti sepatu, bungkus makanan bahkan keset lantai. Sebagai seorang seniman yang berkecimpung dalam dunia seni dan budaya merasa sangat miris akan fenomena tersebut. Melalui project eksporasi visual sel mikroskopis ke dalam batik merupakan usaha untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat. Tidak meninggalkan tradisi melainkan berkontribusi dalam pelestarianya. Penciptaan motif batik dengan memanfaatkan teknologi mikroskop yang mampu melihat sel terkecil pada suatu object merupakan gagasan baru dalam mengembangkan dan menambah keragaman motif batik Nusantara. Dengan demikian kelestarian seni budaya batik terus dapat terjaga dan berkembang melalui inovasi.

Masalah yang Diangkat

1. Menjaga kelestarian batik dengan inovasi 2. Memberikan edukasi 3. Berbagi teknis proses kreatif

Indikator Sukses

1. Mengadakan pameran terbuka (diliput oleh banyak media) 2. Menerbitkan katalog karya dan buku riset proyek 3. Workshop 4. Dapat diterapkan para pelaku untuk kepentingan inovasi

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.60 Juta

Durasi Proyek

9 bulan