Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

230 - solusi bagi penari berhijab


Nama Inisiator

dwi oktariani

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

18 tahun

Contoh Karya

IMG_20180212_125115_533.jpg

Situs Web

Media Sosial

instagram : wieokta fb : uwie chan

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

pengadaan busana tari tradisional etnik Kalimantan Barat yang dapat digunakan para penari berhijab. Menggagas penyediaan busana tari yang nyaman dan layak digunakan sebagai bentuk kepedulian terhadap penari berhijab tanpa meninggalkan unsur tradisi yang terkandung dalam busana tari. Saya berharap proyek saya ini dapat menjadi solusi bagi penari tradisional yang berhijab didaerah saya agar mereka tetap bisa melakukan pertunjukan tari tanpa meninggalkan kewajiban mereka sebagai muslimah, serta busana yang digunakan juga sesuai dengan unsur budaya etnik yang diangkat tanpa meninggalkan makna dan simbol-simbol yang terkandung dalam busana tari tersebut.

Latar Belakang Proyek

dalam menari, busana atau kostum merupakan salah satu komponen wajib yang harus diperhatikan kenyamanan, kelayakan, dan kegunaannya sesuai dengan karya tari yang akan dipertunjukan. Kalimantan Barat memiliki tiga etnis besar yaitu Dayak, Melayu, dan Tionghoa yang memiliki karakteristik budayanya masing-masing, begitupula pada busana yang digunakan dalam tari tradisional maupun kreasi dari ketiga etnis tersebut. Hal tersebut menjadikan busana tari tradisional Kalimantan Barat menjadi sangat beragam, namun kondisinya masih minim sekali desain busana-busana tari kreasi maupun tradisi yang tidak ramah bagi wanita-wanita berhijab. Saya sendiri sebagai penari yang telah hijrah dan memilih menggunakan hijab saat menaripun merasakannya. Maka dari itu saya ingin sekali mewujudkan desain-desain busana tari kreasi yang telah saya buat dan berinjak dari tradisi etnik-etnik Kalimantan Barat menjadi nyata. Pengalaman saya berkesenian hingga ilmu-ilmu mengenai symbol-simbol dan makna dari busana tari sejak saya pertama kali menari hingga menyelesaikan pascasarjana pendidikan seni akan saya terapkan dalam proyek ini. Saya membutuhkan pengadaan busana yang ramah bagi penari berhijab dan penari-penari wanita lainnya.

Masalah yang Diangkat

Banyaknya minat wanita didaerah saya yang ikut menari dan sebagian besar menggunakan hijab seperti saya, namun mereka seringkali mengeluhkan ketersediaan busana tari yang ramah bagi wanita-wanita berhijab untuk menunjang pertunjukan tari mereka. Kegelisahan –kegelisahan tersebut menjadi masalah penting untuk diangkat agar pelestarian budaya dapat menyebar rata kepada seluruh khalayak, tidak timpang pada kaum tertentu. Serta membantu mereka dalam memecahkan solusi agar mereka tetap mendapatkan haknya sebagai wanita berhijab yang juga ingin berkreasi dengan nyaman, dan professional sesuai hak yang mereka miliki. Hal tersebut terkendala dengan dana yang belum bisa terkumpul, dan saya hanya bisa merancang busana-busana tersebut. Saya ingin sekali membuat busana tari kreasi dan tradisi etnis Kalimantan Barat yang kondusif bagi muslimah berhijab, agar menjadi solusi untuk mereka dalam berkreasi. Namun pembuatan busana tersebut membutuhkan jumlah dana yang cukup besar, maka dari itu saya berharap sekiranya kita semua ikut peduli pada kebutuhan penari wanita-wanita yang berhijab dimana mereka membutuhkan busana tari yang tetap nyaman dipakai dan tidak meninggalkan makna tradisi budaya yang diangkat.

Indikator Sukses

semakin banyaknya wanita-wanita berhijab yang tidak lagi kesusahan untuk mencari busana tari kreasi tradisional yang dapat mereka kenakan sesuai dengan kewajibannya. Menjadi solusi bagi para wanita agar dapat mengembangkan bakatnya tanpa khawatir dengan busana tari yang akan dikenakan saat pertunjukan, karena telah mendapati fasilitas wanita berhijab dalam berkarya tari.

Lokasi

Kubu Raya, kalimantan barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp.25 Juta

Durasi Proyek

2 bulan