Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

223 - MENGGALI POTENSI SUTRADARA PEREMPUAN DI YOGYAKARTA


Nama Inisiator

Dra. Sri Yuliati

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

baru memulai

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Yogyakarta, pada dasarnya memiliki para perempuan yang berpotensi untuk menjadi sutradara dalam sebuah pertunjukan teater. Namun demikian mereka kurang percaya diri. Oleh karena itu, hibah ini sangat diperlukan dalam rangka unjuk kemampuan agar ke depannya kiprah sutradara perempuan lebih bergairah . Berdasarkan latar blakang pendidikan dan pengalaman saya dalam berkiprah di dunia teater, saya yakin dapat melaksanakan proyek ini. Langkah awal saya, akan mementaskan sebuah teater dengan pemain perempuan semua, yang berjudul Kali Gedhe, karya Cicit Kaswami, seorang perempuan penggiat sastra Jawa di Yogyakarta. Untuk mencapai sasaran audien yang tepat dan komprehensif, maka tempat pementasan dipilih di concert hall Taman Budaya Yogyakarta.

Latar Belakang Proyek

Yogyakarta memiliki perguruan tinggi seni yakni Institut Seni Indonesia Yogyakarta dengan jurusan Teaternya telah banyak meluluskan perempuan-perempuan yang sesungguhnya memiliki kemampuan menyutradarai, dan saya adalah salah satunya. Namun mereka kurang memiliki rasa percaya diri, terbukti hampir 10 tahun terakhir ini tidak kedengaran gaungnya.

Masalah yang Diangkat

Menumbuhkan rasa percaya diri para perempuan untuk berani menyutradarai dan menjadi sutradara (teater). Hal inilah yang mendorong niat saya untuk menyutradarai pementasan teater dengan harapan para pemain yang juga berlatar belakang pendidikan teater kedepannya memiliki kepercayaan diri untuk menjadi sutradara,

Indikator Sukses

Jumlah penonton dan komentar positif tokoh teater

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.40 Juta

Durasi Proyek

6 bulan