Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

hasrina


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

penelitian

Pengalaman Berkarya

tim penulis disertasi

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

fb:hasrina amnutur

Proyek


No. Formulir

217

Judul Proyek

Pappaseng Camp

Lokasi Proyek

Kab.Maros Prov.Sul-Sel

Deskripsi Proyek

proyek ini adalah sebuah penelitian "case control studi" dimana kelompok kontrol akan dibuatkan kegiatan perkemahan yang kegiatannya terdiri dari pemberian Pappaseng (pesan-pesan yang berisi nasihat) melalui pemahaman lagu-lagu daerah yang sarat akan pesan moral oleh tetua suku.proyek ini akan melibatkan anak remaja usia sekolah. perkemahan akan berlangsung selama 2 hari 1 malam.

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

ide ini dilatarbelakangi oleh begitu banyaknya perilaku menyimpang yang dilakukan anak remaja. menurut saya, ada nilai yang tidak sempat diturunkan oleh orang tua kepada anaknya atau pun nilai yang didapatkan dibangku sekolah. nilai atau pengetahuan tentang moral sering di ajarkan melalui lagu atau musik dalam bahasa daerah di maros atau mungkin juga dihampir semua wilayah indonesia ini. lagu daerah ini banyak sekali mengandung arti atau pesan-pesan kehidupan yang dulunya sering didendangkan sebagai pengantar tidur bagi anak atau bahkan sering diajarkan oleh orangtua kepada anaknya melaui lirik-lirik yang sarat makna. namun, hari ini hal ini mulai banyak bergeser, anak-anak sejak usia balita sudah diajarkan lagu-lagu yang bernilai cinta, hingga anak remaja bahkan belum mampu menyaring dengan bijaksana nilai atau isi lagu tersebut. pembelajaran yang paling cepat diserap adalah melalui lagu. saya berasumsi bahwa perilaku menyimpang dikalangan remaja saat ini dipengaruhi oleh kurangnya nilai yang dipahami oleh remaja itu sendiri karena tidak diturunkan lagi oleh orangtua kita.

Masalah yang Diangkat

masalah yang diangkat dalam proyek ini adalah perilaku menyimpang anak remaja. jika hal ini terus meningkat tanpa adanya pencegahan maka dapat dipastikan bahwa negara sedang menuju kurva menurun, selain hal tersebut yang paling mengganggu saya adalah mengingat begitu beratnya tugas sebagai orangtua dimasa-masa mendatang karena satu hal yang pasti bahwa perilaku seorang anak sangat ditentukan oleh lingkungannya bertumbuh. peran orang tua yang tidak hadir dimasa-masa anak bertumbuh, dimasa-masa anak mendapatkan bimbingan moral dan nilai kehidupan dikarenakan kesibukannya baik ayah ataupun ibu membuat anak tumbuh tanpa bimbingan, belum lagi saat ini begitu banyaknya media pembelajaran (online) yang memungkinkan seorang anak belajar dengan sendirinya, sehingga pembelajaran yang buruk tidak mampu tersaring yang menjadikan perilaku anak menyimpang atau tidak benar.

Durasi Proyek

5 bulan

Indikator Sukses

ada laporan/tulisan/hasil penelitian

Dana Hibah

Rp.100 Juta