Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

TOETWURY TRISILOWATY


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

3 tahun

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

205

Judul Proyek

FESTIVAL BOGOWONTO

Lokasi Proyek

Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Deskripsi Proyek

Menggelar Festival Bogowonto (FestBog) sebagai media ekspresi kreatifitas komunitas di Daerah Aliran Sungai Bogowonto. Bentuk penuangan ide yang menjadikan sungai sebagai sumber inspirasi budaya yang didasarkan pada filosofi sungai sebagai sumber peradaban . FestBog akan mensinergikan kreatifitas komunitas di DAS Bogowonto yang meliputi seni tradisi dan kontemporer; seni mural; seni kuliner khas komunitas dan produk kreatifitas lainnya yang dihasilkan oleh para perempuan; kreatifitas budaya sungai berupa lomba rakit/ perahu hias yang menampilkan busana tradisi; serta karnaval budaya. FestBog akan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan yang dimulai dari susur sungai sekaligus membersihkan daerah aliran sungai, diikuti workshop bertemakan; seni dengan inspirasi budaya sungai, sungai sebagai sumber kebudayaan dan peluangnya, dan seni mural tentang budaya sungai. Rangkaian selanjutnya adalah lomba rakit dan bazaar kuliner, dan dilanjutkan dengan karnaval budaya. Acara puncak ditandai dengan ritual penghormatan kepada sungai yang digelar dalam tampilan sederet tarian yang puncaknya digelar sendratari utama di seputar jembatan Ngandul yang bersejarah yang akan dilukis seni mural dari hasil workshop mural dengan komunitas. Jembatan ini melintang di atas sungai Bogowonto. Keseluruhan acara akan dilakukan di DAS Bogowonto yang akan melibatkan komunitas-komunitasnya. Sebagai 'follow up', lintasan lomba rakit direncanakan menjadi wisata air. FestBog sudah diselenggarakan dua kali pada tahun 2016 dan 2017

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Mengacu pada sungai sebagai sumber peradaban seperti pada masa Mesopotamia, dan berkaca pada realitas yang ada mengenai merosotnya penghargaan manusia terhadap sungai sebagai sumber kehidupan dan kebudayaan, maka muncullah gagasan membuat pagelaran yang dari situ dapat menciptakan media yang menarik dan dapat melibatkan orang banyak yang sekaligus juga dapat menjadii media penyadaran akan pentingnya menjaga dan merawat sungai dan ekosistemnya dan menjadikan sungai bermanfaat bagi masyarakat di DASnya, serta menghindarkan sungai menjadai sumber bencana.Sungai Bogowonto yang mempunyai sejarah tua dan berperan penting di masa Mataram Kuna, sempat menjadi sumber kehidupan dan pusat aktifitas keagamaan jaman Hindu Budha, dan mengalami masa kejayaan yang memberikan kehidupan di daerah Jawadwipa. Ide FestBog adalah membuat cara untuk menjaga sungai Bogowonto dari pengrusakan sungai dengan ekosistemnya dan lingkungan hidup, sekaligus memberikan media pengekspresian budaya dengan mendorong terciptanya ekonomi kreatif komunitas-komunitas di DASnya. Ketika masyarakat merasakan manfaat dan arti pentingnya sungai Bogowonto bagi kehidupannya maka dengan sendirinya itu akan menumbuhkan kesadaran untuk merawat, menjaga dan melestarikannya.

Masalah yang Diangkat

1. Belum adanya kesadaran, pengetahuan dan penghargaan akan sungai sebagai sumber kehidupan dan kebudayaan, maka diperlukan media yang menarik dan bisa ditonton masyarakat yang dari situ dapat memberikan pembelajaran tentang pentingnya sungai dalam kehidupan masyarakat di DASnya. 2.Dengan akan dibangunnya New Yogyakarta International Airport yang berbatasan dengan wilayah Purworejo selatan ini, akan berdampak pada tergerusnya seni tradisi dan semakin merosotnya penghargaan masyarakat terhadap sungai dan lingkungannya. Dengan adanya bandara akan memberikan efek pertemuan budaya baru dari masyarakat pendatang yang cenderung lebih modern dengan budaya masyarakat lokal/perdesaan yang mana kedua budaya itu akan bertemu dalam waktu yang singkat. Mengingat pembangunan infrastruktur relatif lebiih cepat dibandingkan dengan pembangunan sumber daya manusia, yang dalam hal ini dapat menciptakan jenjang atau jurang pemahaman lebar bagi masyarakat lokal. FestBog adalah dimaksudkan sebagai media pembelajaran yang efektif karena sifatnya menarik dan massif. 3. FestBog digunakan sebagai media menumbuhkan kesadaran pada komunitas/ masyarakat DAS Bogowonto untuk mempunyai kebangaan dalam melestarikan budaya tradisi dan lingkungan perdesaan dan didorong berkreasi untuk medapatkan manfaat darinya.

Durasi Proyek

5 bulan

Indikator Sukses

1.FestBog menjadi acara yang menarik bagi komunitas -komunitas di DAS Bogowonto. 2.Adanya perbedaan perilaku komunitas di DAS Bogownto yaitu untuk merasa penting menjaga, merawat dan melestarikan sungai Bogowonto. 3.FestBog menjadi acara yang ditunggu untuk media ekspresi kreatifitas komunitas -komunitas di DAS Bogowonto. 4.FestBog menarik pengunjung dari wilayah luar Purworejo untuk mengikuti kegiatan- kegiatannya. 5. Pemanfaatan sungai dan DAS Bogowonto sebagai tempat-tempat kegiatan masyarakat untuk melakukan aktifitas- aktifitas yang menciptakan peluang terbentuknya ekonomi kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Dana Hibah

Rp.758 Juta