Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

204 - Cadar sebagai Kepatuhan atau Kebebasan Berekspresi


Nama Inisiator

Santi Ariska

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

Baru Memulai

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Saya ingin membuat film dokumenter yang menceritakan kehidupan sehari-hari seorang perempuan yang memutuskan untuk menggunakan cadar. Cadar yang bukan merupakan budaya asli Indonesia, bagaimana penerimaan ataupun presepsi masyarakat akan perempuan bercadar akan ditampilkan dalam film. Tentu saja akan dijelaskan bagaimana perempuan-perempuan tersebut berani atau dengan iklas tanpa paksaan menggunakan penutup wajah. Dalam keseharian di beberapa tempat bahkan wilayah publik, cadar merupakan hal yang terlarang.

Latar Belakang Proyek

Banyak perempuan yang menggunakan cadar. Apakah cadar yang dia gunakan murni karena gerakan dari hati atau ada dominasi maskulin didalamnya. Di masyarakat, pandangan terhadap perempuan pemakai cadar cenderung negatif. Negatif dalam hal terlalu obsesif dan dikaitkan dengan kelompom radikal tertentu. Tentu hal itu perlu penjelasan dan penerangan yang lebih jelas bahwa cadar adalah suatu budaya yang setiap perempuan muslim berhak untuk memutuskan untuk menggunakannya.

Masalah yang Diangkat

Paradigma masyarakat akan perempuan bercadar yang masih kurang pemahaman. Mereka cenderung berpikir jauh padahal cadar adalah seperti pakaian yang biasa digunakan namun memiliki nilai yang tak bisa dideskripsikan secara kotak.

Indikator Sukses

Film dokumenter ini bisa menjadi pembelajaran yang baik akan pandangan terhadap perempuan bercadar.

Lokasi

Jabodetabek

Dana yang Dibutuhkan

Rp.50 Juta

Durasi Proyek

3 bulan