Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

190 - Mengumpulkan Pengetahuan Seni Sulam dan Tenun Asli Nusantara


Nama Inisiator

Dra. ANIS JULAIKAH, Apt.

Bidang Seni

kriya

Pengalaman

13 tahun 2 bulan

Contoh Karya

Buku karya AJ. Boesra.JPG

Situs Web

indonesiamenyulam@blogspot.com | Youtube: Aj Boesra

Media Sosial

FB: Aj Boesra | IG: Aj Boesra

Kategori Proyek

perjalanan

Deskripsi Proyek

Sebagai penulis buku keterampilan menyulam, saya ingin melakukan penelusuran seni sulam warisan leluhur di nusantara meliputi sejarah, filosofi, jenis sulaman (teknik sulam) dan perkembangannya, yang akan menjadi tulisan dalam sebuah buku. Buku ini juga akan menampilkan teknik/cara pembuatan tusuk sulaman asli masing-masing daerah agar bisa dijadikan panduan bagi para penyulam untuk menjaga kelestariannya. Melihat arah perkembangan dunia mode busana, ada peluang sulam dikolaborasi/kompilasi dengan tenun nusantara, maka dalam perjalanan ini sekaligus menelusuri seni Tenun asli Nusantara. Metode yang akan digunakan adalah penelusuran, pengamatan, pengumpulan pengetahuan melalui wawancara dan diskusi.

Latar Belakang Proyek

Peminat seni sulam baik dalam bentuk pelatihan, workshop maupun informasi melalui buku keterampilan dalam sepuluh tahun ini semakin meningkat. Namun informasi mengenai keragaman seni sulam asli yang diwariskan secara turun temurun di pelosok nusantara ini belumlah lengkap, bahkan belum banyak yang mengetahui bahwa seni sulam-seperti halnya seni tenun- mempunyai peranan yang tak kalah pentingnya dalam sejarah perjuangan bangsa serta memiliki filosofi yang terkadung dalam setiap detil sulaman. Di beberapa daerah, seni sulam berkembang menjadi suatu komoditi seni yang membanggakan sesuai dengan perkembangan peradaban bangsa, tapi beberapa daerah lain seni sulam tidak berkembang bahkan berhenti tanpa ada generasi yang meneruskan. Perlu ada buku sejarah seni sulam nusantara yang mengenalkan bahwa bangsa dan negara ini memiliki kekayaan intelektual dan seni yang luar biasa -seni sulam- dan ini patut diketahui oleh generasi muda agar menumbuhkan cinta bangsa melalui seni dan budaya, kemudian mau melestarikannya dengan cara memahami ciri khas sulaman asli masing-masing daerah dan mempelajari tekniknya.

Masalah yang Diangkat

Dalam mengumpulkan pengetahuan tentang seni sulam asli masing-masing daerah, diperlukan perjalanan menelusuri pelosok nusantara untuk menggali informasi seni sulam serta teknik menyulam khasnya yang selama ini mungkin belum pernah diangkat dan tidak lestari, agar tidak punah dan menjadi sejarah belaka. Proyek ini sebenarnya sudah dicetuskan sejak tahun 2009 bersama penerbit, namun karena terbatasnya biaya pembuatan buku -penerbit hanya menerima naskah dan foto untuk dicetak dan diterbitkan- maka proyek ini terhenti.

Indikator Sukses

Terbitnya buku 'Warisan Leluhur, Seni Sulam Asli di Nusantara' dan video-video teknik menyulam serta perjalanan penelusuran yang bisa diakses melalui youtube.

Lokasi

29 Propinsi

Dana yang Dibutuhkan

Rp.820 Juta

Durasi Proyek

9 bulan